5 Contoh Bisnis Sampingan Karyawan Terbaru

No comment 662 views

Bisnis sampingan karyawan – Kenapa bisnis sampingan selalu identik dengan karyawan? Karena pekerjaan utama mereka memang karyawan, kalau mereka punya bisnis lain, jadinya disebut bisnis sampingan. Hehe, jawabannya masuk nggak sih ini? ๐Ÿ˜€ Yang penting itulah maksudnya.

Sebagian besar perusahaan membolehkan karyawan untuk memiliki bisnis sampingan, tak seperti TNI yang dilarang untuk aktif berbisnis. Sebagai karyawan, tentu hal ini adalah peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

bisnis sampingan karyawan

Bisnis sampingan karyawan / gambar via entitylinks.over-blog.com

Meski begitu, tidak banyak karyawan yang benar-benar mau memiliki bisnis disamping pekerjaan utamanya sebagai karyawan. Ada yang beralasan tak ada waktu, nggak ada inspirasi hingga tak ada modal.

Bagi yang tak memiliki waktu, biasanya karena mereka memang bekerja dari fajar dan pulangnya malam. Terutama para karyawan di ibukota yang sering terkena macet pasti sangat memahami hal ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, bagi anda yang tetap ingin memiliki bisnis sampingan, saya akan memberikan beberapa inspirasi bisnis sampingan karyawan yang bisa anda coba. Kelebihan dari bisnis sampingan karyawan yang saya tulis ini adalah simpel, mudah dikerjakan dan tidak terlalu mengganggu waktu kerja anda sebagai karyawan.

5 Macam bisnis sampingan karyawan :

  1. Jualan pulsa

    Bisnis pulsa sangatlah mudah dikerjakan. Hanya dengan Hp, anda bisa mengisi pulsa para pelanggan. Jika sebagian besar teman kantor anda adalah pelanggan setia, tentu anda akan semakin semangat mengembangkan bisnis ini.

    Terlebih di erat internet seperti sekarang, tak hanya pulsa sms dan telepon yang laku, tapi pulsa internet pun akan terus laris.

  2. Menjadi blogger

    Bagi anda yang suka menulis, menjadi seorang blogger adalah pilihan tepat. Blogger adalah seseorang yang menulis artikel pada blog. Segala tulisan, asal positif bisa dimuat di blog. Mulai dari sekedar curhat sampai tulisan yang bersifat tutorial dan akademis.

    Lantas, darimana blogger mendapatkan uang? Blogger bisa mendapatkan uang dari iklan yang mereka pasang di blog. Agar pendapatan dari iklan maksimal, anda harus bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

    Salah satu cara untuk mendapatkan banyak kunjungan blog adalah dengan konsisten dan rajin memposting artikel. Artikel pada blog tak ubahnya sebuah aset. Aset yang harus anda kelola dengan baik agar menghasilkan.

    Setelah pegunjung blog anda mulai banyak, anda bisa bekerja sama dengan program periklanan lokal maupun luar negeri. Untuk contoh periklanan lokal dan luar, saya telah menuliskannya di sini pada poin nomer 2.

  3. Menjadi youtuber

    Youtuber adalah orang yang mengupload video di youtube. Kegiatan ini hampir sama dengan blogger. Kalau blogger harus menulis artikel, youtuber juga harus mengupload video mereka agar mendapatkan banyak kunjungan.

    Bagi anda yang kurang suka menulis, menjadi youtuber merupakan alternatif bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan. Youtuber mendapatkan penghasilan dari video yang mereka upload di youtube dan telah diintegerasikan dengan iklan.

    Beberapa youtuber Indonesia yang sukses dan rutin berpenghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah dari youtube adalah : Raditya Dika, Bayu Skak, LDP Production, dan masih banyak yang lainnya.

  4. Menjual foto

    Hobi fotografi memang asyik. Kita bisa memotret beraneka objek menarik. Apalagi kalau hobi fotografi sudah masuk ke ranah profesional, maka jangan kaget jika hobi ini akan menghasilkan banyak uang untuk anda.

    Untuk mendapatkan uang dari hobi memotret, bisa berasal dari banyak sumber. Misal dari acara nikahan, event-event tertentu, lomba fotografi, hingga menjual foto secara online.

    Di dunia online, anda bisa menjual hasil foto anda ke istockphoto.com, shutterstock.com, dan berbagai situs sejenis lainnya. Anda akan mendapatkan sejumlah komisi jika foto anda terjual dari situs jual foto tersebut.

  5. Desainer grafis

    Usaha ini tak jauh beda dengan hobi fotografi di atas. Jika anda memiliki passion atau minat lebih di bidang desain grafis, tak ada salahnya menekuninya sebagai bisnis sampingan karyawan.

    Di dunia offline, banyak jasa desainer grafis yang menghasilkan uang. Misalnya desain banner, undangan, brosur, katalog produk, reklame, kartu nama, web design, logo dan lain-lain.

    Selain itu anda juga bisa mendapatkan uang desain grafis via online. Yaitu dengan bergabung ke marketplace desainer seperti sribu.com, projects.co.id, 99designs.com. Sebagai kisah sukses, beberapa waktu lalu dosen desain grafis saya sukses mengikuti sebuah event di 99designs.com, dari situ dia bisa membeli sebidang tanah. Keren kan ๐Ÿ˜€

Itulah beberapa bisnis sampingan karyawan yang bisa anda coba untuk menambah penghasilan. Bisnis sampingan karyawan di atas saya pilih yang mudah, sehingga tidak terlalu mengganggu pekerjaan utama anda sebagai karyawan. Selamat mencoba :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "5 Contoh Bisnis Sampingan Karyawan Terbaru"