Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil

2 comments 592 views

Bisnis sampingan modal kecil – Bisnis sampingan selalu diidentikkan dengan karyawan atau pegawai. Karena memang kebanyakan yang mempunyai usaha sampingan adalah mereka yang sebelumnya sudah memiliki pekerjaan utama sebagai karyawan atau pegawai.

Karyawan yang ingin memulai bisnis, seringkali tak ingin mengambil resiko besar di awal, sehingga mereka lebih menyukai bisnis sampingan modal kecil. Sebenarnya ada nggak sih bisnis sampingan modal kecil ini?

bisnis sampingan modal kecil

Penulis, salah satu contoh bisnis sampingan modal kecil / gambar via huffingtonpost.com

Asalkan kita berfikir kreatif dan jeli melihat peluang, bisnis sampingan modal kecil pun dapat kita ciptakan. Berfikir kreatif dalam melihat peluang usaha perlu adanya latihan dan pembiasaan. Untuk itu, agar anda terbiasa berfikir kreatif dalam menciptakan peluang usaha, saya akan memberikan beberapa inspirasi peluang bisnis sampingan modal kecil.

Bisnis sampingan modal kecil

  1. Menjadi penulis

    Anda yang memiliki hobi apalagi kemampuan menulis yang baik, bisa menyalurkannya untuk dijadikan uang. Tak perlu banyak peralatan seperti membangun usaha rumah makan misalnya. Asalkan ada komputer dan internet anda bisa mulai menulis.

    Komputernya pun tak perlu yang berspesifikasi tinggi. Komputer pentium 4 juga sudah cukup kalau hanya untuk menulis dan browsing internet. Rata-rata malah sekarang banyak yang sudah memiliki laptop.

    Anda bisa mengirim tulisan ke majalah atau koran baik offline maupun online. Karena biasanya mereka menampung tulisan berupa opini, cerpen atau topik tertentu dalam salah satu rubrik di koran.

    Anda juga bisa menulis di blog. Menulis di blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Jika anda menyukai topik tertentu, misal gadget, tulislah secara rutin di blog. Tulisan orisinil anda yang terus diupdate bisa mengundang sponsor dari brand-brand gadget untuk memasang iklan di blog anda.

    Untuk blog yang diendorse langsung oleh brand seperti itu, biasanya brand berani membayar tinggi. Perbulan bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Tergantung dari kualitas blog anda. Bisa dilihat dari postingan atau jumlah pengunjung.

    Jika dirasa terlalu lama menunggu brand, anda bisa bergabung langsung dengan situs PPC (Paid Per Click) dimana mereka akan membayar anda jika blog anda menampilkan iklan dari situs PPC dan ada visitor yang mengklik iklan dari blog anda.

    Berbeda dengan blog yang menampilkan iklan langsung dari brand, dimana bayaran mereka sudah ketahuan jumlahnya perbulan. Blog yang menampilkan iklan situs PPC mempunyai bayaran yang fleksibel perbulan. Bisa lebih tinggi, bisa juga lebih rendah. Tergantung jumlah klik yang kita dapatkan.

    Ada banyak macam situs PPC lokal, tapi yang pernah saya coba adalah kliksaya.com. Untuk bisa bergabung di kliksaya, blog anda harus memiliki page view (total pengunjung) sebanyak 10.000 perbulan. Harga per klik dari kliksaya rata-rata Rp. 200 – Rp. 500.

    Untuk situs PPC luar, google adsense masih menjadi primadona. Situs PPC milik google ini tidak mensyaratkan sejumlah pengunjung blog tertentu untuk bisa bergabung, tapi lebih ke orisinalitas tulisan blog, dan diutamakan tulisan berbahasa inggris.

    Salah satu alasan kenapa google adsense disukai banyak blogger (penulis blog) adalah nilai per kliknya yang fleksibel. Untuk blog berbahasa inggris, nilai per klik adsense bisa mencapai ratusan ribu rupiah!

    Tapi kalau blog berbahasa Indonesia, nilai per kliknya tidak sebesar itu. Hampir sama dengan PPC lokal, tapi kadang ada yang lebih besar dikit.

    Selain itu, anda juga bisa bergabung di forum penulis. Biasanya di sana membuka job untuk para penulis, atau langsung apply lamaran ke jasa penulis konten. Jasa penulis konten adalah sebuah jasa yang menawarkan penulisan artikel dengan kriteria tertentu pada para pemesan.

    Biasanya artikel dari jasa penulis konten diperlukan untuk mengisi artikel dari blog klien. Kalau anda sudah percaya diri, anda juga bisa membuka jasa penulis konten sendiri. Tawarkan jasa anda di forum-forum atau grup blogger.

    Yang terpenting dalam jasa penulis konten adalah ketepatan deadline dan kualitas dari tulisan anda. Kualitas tulisan bisa dilihat dari bisa tidaknya tulisan tersebut dibaca serta dipahami orang, sesuai kriteria yang diinginkan pemesan.

  2. Makelar

    Bisnis makelar banyak macamnya, bisa makelar rumah, makelar mobil, motor dan barang-barang lainnya. Namanya makelar, kita tidak perlu stok barang untuk mulai berbisnis, karena barang yang dijual merupakan milik penjual, bukan perantara atau makelar.

    Makelar bisa dikerjakan secara online maupun offline. Kalau secara offline, anda bisa bercerita tentang barang yang anda makelarkan kepada teman-teman kantor misalnya. Untuk yang online, anda bisa memasarkannya melalui facebook, OLX, tokopedia, bukalapak sampai blog pribadi.

  3. Jualan online

    Hampir sama dengan makelar, jualan online bisa dimulai dengan modal kecil. Misalnya jualan kaos. Kaos-kaos dari Bandung banyak yang dijual dijual dengan harga murah. Dengan pembelian 2 lusin, anda bisa berjualan kaos distro dengan potensi keuntungan lebih dari 50%.

    Untuk pemasaran, karena online, anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, instagram hingga blog bisnis.

  4. Les privat

    Les atau kursus privat bisa menjadi alternatif lain bisnis sampingan modal kecil. Sebelum memulai bisnis ini, pastikan anda memiliki keterampilan atau kompetensi di bidang yang akan anda ajarkan melalui les privat.

    Saya yakin masing-masing orang memiliki keterampilan tertentu. Lihat kembali hobi anda. Seperti hobi menulis di atas, anda juga bisa membuka les privat menulis di rumah.

    Anda yang memiliki gelar sarjana pendidikan, seharusnya berpeluang besar membuka les privat pelajaran sekolah. Karena sekarang ini banyak orang tua yang memilih tempat les untuk mengasah kemampuan anak-anak mereka.

    Anda yang jago bermain gitar, tak ada salahnya membuka kursus gitar di rumah. Ayo, apalagi nih les yang bisa dibuka di rumah? Coba pikirkan kembali hobi dan kemampuan yang anda miliki untuk menjawab hal ini :)

  5. Jasa pengetikan

    Usaha jasa pengetikan juga bisa menjadi alternatif lain untuk dijadikan bisnis sampingan modal kecil. Hampir sama dengan menjadi penulis, modal usaha jasa pengetikan ini pun cukup komputer dan internet. Kalau anda mau lebih lengkap, bisa juga ditambah printer dan kertas HVS.

    Jika menjadi penulis, ide tulisan harus datang dari diri kita sendiri. Berbeda dengan jasa pengetikan, tulisan yang akan diketik sudah disediakan dari klien, sehingga kita hanya tinggal mengetiknya saja.

    Konsumen jasa pengetikan kebanyakan berasal dari kalangan akademis. Mulai dari pelajar SD hingga mahasiswa butuh jasa pengetikan untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Demikianlah tulisan saya mengenai bisnis sampingan modal kecil. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Peluang Usaha Dagang Terbaru Tahun Ini | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Maka dari itu, banyak vendor-vendor smartphone yang menawarkan smartphone harga murah. Fitur-fiturnya pun lengkap. Sudah bisa online, update status di media sosial, kamera buat selfie. Baca : Inilah peluang bisnis sampingan modal kecil […]

    Reply

Leave a reply "Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil"