Contoh Lengkap Bisnis Waralaba Modal Kecil

2 comments 1541 views

Bisnis waralaba modal kecil – Waralaba sering juga disebut dengan franchise. Belakangan bisnis ini begitu subur tumbuh di Indonesia, apalagi semenjak adanya waralaba murah. Sebelum membahas lebih jauh tentang macam-macam bisnis waralaba modal kecil, ada baiknya kita mengerti terlebih dulu tentang arti waralaba itu sendiri.

Menurut wikipedia Indonesia, waralaba merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Dalam bahasa inggris, waralaba disebut franchising. Sedangkan dalam bahasa Perancis, waralaba disebut franchise.

Waralaba menjadi sebuah pilihan peluang usaha mudah bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam membangun bisnis yang menguntungkan. Dengan membeli usaha waralaba, franchisee (pembeli waralaba) akan diberi panduan oleh franchisor (pemilik waralaba) tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis waralaba agar cepat sukses.

bisnis waralaba modal kecil

Antri beli produk waralaba / daylimail.co.uk

Karena semuanya sudah tertulis dalam SOP (Standart Operasional Procedure), sehingga franchisee tinggal mengikutinya saja. Ada yang mengerjakan waralaba sebagai bisnis rumahan maupun usaha sampingan. Hal tersebut tidak masalah asalkan franchisee sudah mengikuti SOP dengan baik, terutama dalam manajemen karyawan.

Macam-macam bisnis waralaba modal kecil

Meski terkenal memiliki harga kepemilikan (investasi) yang mahal (sekitar ratusan juta rupiah) seperti waralaba indomaret, alfamart, KFC, AW, McDonald’s dan sebagainya, ternyata masih ada waralaba yang cocok dengan kantong pengusaha pemula yang biasanya belum terlalu memiliki banyak modal.

Dengan harga kepemilikan tak sampai Rp. 10 juta, beberapa contoh bisnis waralaba modal kecil ini tentu bisa menjadi inspirasi.

  1. Bisnis waralaba makanan dan minuman

    Sudah banyak contoh waralaba makanan atau minuman yang hadir di Indonesia. Jika anda melihat gerobak atau booth di pinggir jalan dengan warna mencolok kuning dipadu merah, ada juga hijau, dan warna-warna mencolok lainnya, itulah beberapa contoh waralaba makanan dan minuman yang harga kepemilikannya cukup murah.

    Salah satu waralaba minuman yang pernah saya coba produknya adalah Mang Kacau. Mang Kacau merupakan produk minuman dengan berbagai macam rasa, ada cappucino, coklat, strawberry dan lain-lain yang ditaruh dalam gelas plastik.

    Pertama kali saya mencobanya dalam sebuah pameran franchise terbesar di Indonesia yang diadakan di Kota Semarang. Sekali mencoba langsung bikin nagih, saya suka rasa coklatnya 😀

    Harga franchise Mang Kacau untuk booth portable adalah Rp. 5 juta – Rp. 8,5 juta. Sedangkan untuk booth atau gerobak indoor, harganya Rp. 10 juta. Setidaknya itu harga yang saya dapat ketika tulisan ini dibuat. Jika ingin harga terbaru, silakan cek websitenya.

    Waralaba minuman lainnya yang pernah saya coba adalah teh tong tji, salah satu minuman favorit saya ketika jalan-jalan di mall. Saya paling suka es teh susunya. Mantap abiss! Upss tapi tunggu dulu, ternyata teh tong tji tidak membuka peluang waralaba. “Lha terus kenapa dimuat di sini?”

    Hehe, awalnya saya kira teh tong tji juga merupakan waralaba, karena memang bentuknya seperti waralaba minuman pada umumnya. Tapi setelah ngubek-ubek di website teh tong tji dan membaca referensi dari website lain, ternyata teh tong tji memang tidak membuka peluang usaha waralaba.  Tapi bagi anda yang mempunyai tempat strategis dan cocok untuk berjualan teh tong tji, anda bisa bekerja sama dengan menyewakan lahan.

    Alternatif lain, jika anda memang ingin membeli franchise minuman bentuk es teh dan variannya seperti teh tong tji, anda bisa mencoba bergabung dengan kemitraan teh cap poci. Paket kemitraannya dimulai dengan harga Rp. 5 juta. Keterangan lebih lanjut silakan cek di websitenya.

    Untuk waralaba makanan yang pernah saya coba produknya adalah Kuch2Hotahu. Seperti yang saya duga, tahu yang dikemas pedas sedemikian rupa itu termasuk bisnis waralaba modal kecil di bidang makanan. Dengan hanya Rp. 8,5 juta, anda bisa mendapatkan paket reguler kemitraan Kuch2Hotahu.

    Untuk daftar lengkap bisnis waralaba modal kecil di bidang makanan minuman, silakan klik di sini. Pada direktori waralaba tersebut banyak tersaji macam-macam bisnis waralaba makanan dan minuman yang bisa anda jadikan referensi dalam memulai bisnis waralaba.

  2. Bisnis waralaba kesehatan dan kecantikan

    Ada pepatah yang menyebutkan jika kesehatan bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya tidak bisa terwujud tanpa kesehatan. Kesehatan memang sangat penting bagi setiap manusia, baik pria maupun wanita.

    Begitu pula dengan kecantikan. Siapa sih wanita yang tak ingin tampil sehat dan cantik? Maka dari itu, bisnis waralaba kesehatan dan kecantikan ini sangat terbuka luas peluangnya. Saya pernah mengulas tentang peluang usaha kesehatan dan kecantikan di tahun 2016, anda bisa membacanya di sini.

    Bisnis waralaba kategori kesehatan dan kecantikan kebanyakan memang mahal, rata-rata diperlukan investasi sebesar ratusan juta rupiah. Namun setelah saya telusuri, ternyata ada juga waralaba kecantikan dan kesehatan yang tergolong bisnis waralaba modal kecil.

    Adalah Aning’s Beauty & Health. Nilai investasi kepemilikannya antara Rp. 5 juta sampai Rp. 10 juta. Untuk lebih jelasnya tentang Aning’s Beauty & Health, silakan menghubungi alamat Jl.Baharu AA No.1 Nyiur Melambai II Rawa Badak Utara Kodja Jakarta Utara. Telepon: 021-4302762.

  3. Bisnis waralaba otomotif

    Otomotif di sini tidak melulu berurusan dengan mesin, tapi lebih ke aksesorisnya. Dalam hal ini aksesoris yang saya maksud adalah helm. Waralaba salon helm termasuk bisnis waralaba modal kecil, karena hanya dengan Rp. 4,5 juta, anda sudah bisa memiliki usaha waralaba salon helm Klin n Fress. Untuk lebih jelasnya, silakan menuju alamat Jl.Pertengahan No.2 RT05/03 Cijantung Ps. Rebo Jakarta Telepon: 021-92720819

  4. Bisnis waralaba komputer dan teknologi

    Meski nilai investasinya ada yang mencapai jutaan rupiah, waralaba komputer dan teknologi juga memiliki contoh bisnis yang nilai investasinya antara Rp. 600rb sampai Rp. 10 juta. Dialah Simply Interactive, dimana teknologinya dikonsentrasikan pada bidang pendidikan multimedia. Selengkapnya silakan menuju alamat Ruko Taman Borobudur Indah Kav.22-27 Jl. Puncak Borobudur No.1 Malang Telepon: 0341-496135

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai bisnis waralaba modal kecil di bawah Rp. 10  juta. Saya hanya sebatas menyampaikan informasi berdasarkan pengetahuan pribadi. Jika anda benar-benar ingin memiliki bisnis waralaba modal kecil seperti di atas, silakan hubungi terlebih dulu contact person dari masing-masing waralaba. Takutnya kalau ada update mengenai usaha ataupun harga. Salam sukses :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • franchise teh tong tji
  • franchise tong tji
  • cara buka teh
  • cara franchise tong tji
  • contoh waralaba BUMN
  • frenchis tong tji
  • harga frenchase te
  • tips jualan dengan booth di pinggir jalan
  • waralaba teh tong tji
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. 5 Macam Usaha Franchise Terlaris Modal Kecil | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Enaknya usaha waralaba adalah bisa dijadikan bisnis sampingan. Jika belum memiliki produk sendiri, Anda bisa mencari produk waralaba di website waralabaku.com, disana banyak sekali pilihan waralaba modal kecil. […]

    Reply
  2. Cara Mudah Memulai Bisnis Tiket Pesawat Online | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] kerjasama dengan menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat […]

    Reply

Leave a reply "Contoh Lengkap Bisnis Waralaba Modal Kecil"