Cara Memulai Bisnis Yang Menguntungkan

No comment 598 views

Cara memulai bisnis yang baik diperlukan dalam usaha memiliki suatu bisnis yang hebat. Biasanya para pebisnis pemula malah mengabaikan hal ini. Mereka lebih banyak sibuk dengan pertanyaan seputar modal. “Dari mana modalnya?”, “Berapa modalnya?”,ย  “Saya belum ada modal”, dan berbagai modal-modal lainnya.

Padahal, jika berhasil menjawab atau mencari tahu tentang cara memulai bisnis yang baik, modal bukanlah halangan. Cara memulai bisnis yang baik akan menjawab semua kegalauan dan pertanyaan sebelum memulai bisnis.

cara memulai bisnis online dan offline

Ilustrasi cara memulai bisnis / gambar via keynotesbh.com

Ada banyak cara untuk mulai berbisnis. Agar mendapatkan hasil yang menguntungkan, sebaiknya semua tahap belajar dipatuhi serta dilaksanakan sebaik mungkin. Sebagai calon pengusaha yang baik, tentu kita memilih cara-cara berbisnis yang legal, halal dan berkah.

Seperti diketahui, bisnis bisa dikategorikan menjadi bisnis online dan bisnis konvensional. Bisnis online sangat mengandalkan internet dalam pelaksanaannya. Sedangkan bisnis konvensional sudah sangat banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Mulai dari usaha toko kelontong, laundry, warung kopi, budidaya ternak, budidaya hortikultura, MLM hingga bisnis properti.

Cara memulai bisnis konvensional yang menguntungkan

Seperti disinggung di atas, bisnis konvensional adalah bisnis offline. Keberadaannya bisa dilihat secara langsung. Entah itu bentuk usahanya, bentuk tokonya, kegiatan usahanya, para karyawannya, dan lain-lainnya yang dapat dilihat ๐Ÿ˜€

Ambil contoh kita ingin memulai usaha toko kelontong. Meskipun kata orang sangat mainstream karena sudah banyak sekali, usaha toko kelontong menurut saya masih berpotensi untuk dikembangkan.

Biarpun terbilang mainstream, penghasilan yang didapat jangan sampai ikutan mainstream. Kita harus bisa lebih baik. Bagaimana caranya? Sebelum mendirikan toko kelontong, ada baiknya anda survey dulu ke lingkungan sekitar, barang-barang apa saja sih yang sulit didapat masyarakat sekitar?

Sulit disini bisa disebabkan bermacam-macam. Mungkin tempat belinya terlalu jauh, harganya terlalu mahal, stoknya terbatas dan lain-lain. Jika sudah ketemu, catatlah daftar barang-barang tersebut. Setelah dirasa cukup, barulah buka toko kelontong anda. Isi dagangannya adalah barang-barang yang sulit didapat masyarakat di sekitar anda tadi.

Jangan lupa setalah warung kelontong dibuka, umumkan ke para tetangga yang anda survey. Meski anda nantinya mungkin bisa memonopoli, usahakan untuk selalu menstabilkan harga barang. Jangan seenaknya sendiri dalam mengambil keuntungan.

Lakukan bundling (penggabungan) produk terhadap produk-produk yang kurang laku. Misal kerupuk udang cap A kurang laku di warung anda. Lakukan bundling antara kerupuk A dengan minyak goreng cap A yang cukup laris di toko kelontong anda.

Karena bundling, tentu harganya harus diturunkan. Untung sedikit nggak masalah, yang penting tidak ada penumpukan barang dan modal bisa terus berputar.

Pelayanan yang baik adalah keharusan. Layani semua konsumen dengan senyum dan keramahan. Jika pelayanan memuaskan, harga sedikit mahal biasanya tak menjadi masalah bagi para konsumen. Untuk memaksimalkan pelayanan, anda bisa membuka layanan antar belanja.

Tidak hanya makanan cepat saji yang bisa delivery order (layanan antar), warung kelontong anda pun tak ada salahnya membuka layanan seperti itu. Perhitungkan dengan baik tambahan biaya untuk delivery order. Jangan sampai anda menanggung kerugian karenanya.

Itulah salah satu cara memulai bisnis yang baik pada usaha konvensional (offline). Selanjutnya akan dibahas mengenai cara memulai bisnis online. Are u ready? ๐Ÿ˜€

Cara memulai bisnis online yang menguntungkan

Pada era internet seperti ini, bisnis online bukanlah suatu hal yang wah. Malahan kalau tidak mengonlinekan bisnis yang kita punya ke internet, kita bisa ketinggalan jaman. Banyak usaha-usaha konvensional yang terbantu karena internet.

Mereka memperluas jangkauan pasarnya ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Beberapa di antaranya yang pernah saya tulis adalah sepatu couple family Gems Kids. Ada juga kap lampu batik dari Solo.

Ada yang bilang bisnis online itu enak. Bisnis online memang enak. Cukup dikerjakan di rumah atau dimana saja asal ada koneksi internet dan laptop, maka bisnis pun jalan. Namun tetap butuh perjuangan layaknya bisnis konvensional. Malah tak jarang perjuangannya lebih keras dari bisnis konvensional.

Jadi bisnis online itu tetap butuh modal. Meski terkadang modalnya juga tak sebanyak ketika mendirikan usaha warung kelontong. Malahan modal terbesar dalam membangun bisnis online bukanlah uang, melainkan semangat.

Banyak para pemula yang ingin kerja online atau usaha online menuai cibiran di awal usaha. Dikatakan mimpi lah, diremehkan karena bukan orang IT, hingga dianggap gila. Belum lagi ntar di tengah perjalanan ketika usaha sudah mulai menghasilkan, para pengusaha online ada juga yang dituduh perlihara tuyul lah, cari pesugihan.

Ya itu memang wajar. Karena masyarakat yang belum tahu melihat kita sehari-harinya di rumah, eh tapi bisa memiliki ini itu, kebutuhan hidup pun terpenuhi dengan baik. Maka dari itu, dalam memulai bisnis online, hal pertama yang harus dimiliki adalah semangat!

Semangat memiliki arti yang sangat luas. Bisa semangat dalam belajar bisnis online, bisa juga semangat dalam menghadapi gangguan dari luar, misal berbagai macam bentuk cibiran tadi.

Setelah semangat, kita perlu mencari guru yang tepat. Atau kalau anda belum punya biaya, belajarlah dari forum-forum bisnis online. Banyak para mastah yang rela berbagi pengalaman hingga pengetahuan tentang bisnis online yang mereka kerjakan.

Setelah itu harus fokus. HARUS FOKUS!! Mengapa ini penting, karena dengan fokus, kita akan cepat mencapai harapan dan keinginan. Untuk diketahui, bisnis online itu banyak sekali macamnya. Mulai jualan online, ngeblog, affiliate, dan sejenisnya.

Pilih salah satu bisnis dulu. Pelajari, tekuni, dan praktekkan. Jika menemui kesulitan, cari solusinya di google atau forum-forum tadi. Tetap fokus dan tekuni sampai benar-benar menghasilkan. Jangan ganti-ganti bisnis dulu sebelum berhasil. Setelah berhasil, anda akan mengetahui seluk beluknya.

Pengalaman tak pernah bohong. Jika seluk beluknya sudah diketahui, anda bisa menambah lagi jumlah bisnis. Misal sudah sukses jualan baju online lewat facebook. Tak ada salahnya untuk menambah lagi. Misal jual hijab lewat facebook.

Itulah sedikit ulasang mengenai cara memulai bisnis yang baik dan menguntungkan. Yang paling penting dari semua ini adalah action. Action untuk segera memulai bisnis. Apapun bisnis anda, mau online ataupun konvensional, anda harus segera action untuk mewujudkannya :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • cara membangun bisnis ilustrasi gambar
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Cara Memulai Bisnis Yang Menguntungkan"