Cara Memulai Bisnis Kreatif Daur Ulang Sampah

Peluang bisnis kreatif daur ulang sampah yang cukup menjanjikan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Membantu mengatasi permasalahan limbah yang sering dihadapi masyarakat menjadikan nilai plus bagi usaha ini. Hal ini membuat bisnis semacam ini selalu endapat perhatian para pecinta lingkungan dan pemerintah.

Selain itu, bisnis kreatif daur ulang sampah ini termasuk bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil, sehingga mudah bagi para pemula yang biasanya terkendala modal untuk ikut meraup untung dari bisnis kreatif daur ulang sampah ini.

sampah botol bekas untuk usaha daur ulang

sampah botol bekas merupakan salah satu bahan bisnis kreatif daur ulang / kids.nationalgeographic.com

Bagi anda yang serius ingin menggeluti bisnis kreatif daur ulang sampah, berikut ini cara memulainya :

  1. Pilih jenis daur ulang sampah yang paling anda suka, mudah didapat dan paling menguntungkan. Untuk jenis-jenis daur ulang sampah bisa anda baca di sini.
  2. Pastikan produk daur ulang sampah yang akan anda buat sesuai dengan kebutuhan di lingkungan sekitar anda.
  3. Siapkan bahan baku sampah daur ulang yang anda butuhkan, anda bisa mendapatkannya melalui sampah-sampah di rumah sendiri, dari tetangga, maupun bekerja sama dengan pengepul atau tukang sampah.
  4. Sebelum memulai bisnis kreatif daur ulang sampah ini, anda harus belajar, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengolah sampah menjadi produk kerajinan tangan yang unik dan juga berguna.
  5. Merekrut pekerja yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan sehingga mampu menghasilkan produk sesuai dengan yang anda inginkan.
  6. Menyediakan modal usaha, namun modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis daur ulang sampah ini tidak terlalu besar, karena bahan baku sampah mudah didapatkan, sekalipun harus beli, harganya juga murah.
  7. Menyediakan ruangan yang cukup besar untuk penyimpanan bahan baku. Usahakan tempat untuk menampung bahan baku terpisah dengan rumah karena bahan baku sampah tersebut mungkin saja menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit.
  8. Menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis daur ulang sampah, misalnya gunting, lem, busa, kain bekas, alat jahit, alat penyaring, ember, blender, dan lain sebagainya.

Nah, itulah langkah-langkah dalam memulai usaha kreatif daur ulang sampah. Meskin sudah tahu caranya, kalau anda tidak action segera, sia-sialah semua. Dan yang terpenting adalah niat. Anda harus punya niat yang kuat untuk memulai berbisnis dan konsisten untuk menekuninya sampai berhasil. Jangan lupa juga untuk selalu dibarengi dengan doa. Semoga sukses :)

dikutip dari tabloid peluang usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan
  • bagaimana cara memulai usaha kerajinan bahan limbah dengan baik
  • cara memulai usaha kerajinan bahan limbah dengan baik
  • bagaimana tips sukses bisnis di usaha kerajinan limbah
  • bagaimana cara memulai usaha
  • usaha kerajinan lim
  • usaha produk daur ulang
  • bagaimana cara memulai usaha kerajinan bahan limbah yang baik
  • bagaimana cara memulai usaha kerajinan bahan limbah dgn baik?
  • bagaimana cara memulai usaha kerajinan bahan lim
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Cara Memulai Bisnis Kreatif Daur Ulang Sampah"