4 Cara Mengatasi Persaingan Usaha Mebel

No comment 3497 views

Cara Mengatasi Persaingan Usaha Mebel – Dalam setiap bisnis atau usaha selalu ada yang namanya persaingan. Tidak usah disikapi sebagai penghalang, tapi malah jadikan persaingan itu sebagai pemacu semangat, inspirasi untuk menciptakan produk-produk baru yang beda dari pesaing, memiliki kelebihan dan ciri khas yang menarik.

Agar bisa tetap eksis dan bersaing dengan pelaku usaha sejenis, perlu adanya trik dan tips dalam berbisnis mebel ini. Jika anda sudah terjun ke usaha mebel furnitur, anda harus total. Jangan takut dengan persaingan. Di bawah ini ada tips dan trik mengatasi persaingan usaha mebel furnitur.

cara mengatasi persaingan usaha mebel

usaha mebel / solopos.com

Cara Mengatasi Persaingan Usaha Mebel :

  1. Manfaatkan teknologi modern

    Manfaatkan teknologi modern dalam setiap proses produksi dan operasional anda. Dengan begitu anda bisa lebih produktif, memiliki daya saing produk yang lebih tinggi, dan bisa mengurangi resiko kesalahan kerja yang disebabkan oleh human eror.

  2. Membuat produk unik dan modern

    Sebagian besar pelaku usaha pasti mencoba untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Strategi ini terbukti cukup efektif, sehingga produk yang anda ciptakan memiliki daya saing yang cukup kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan pasar.

    Selain menciptakan produk baru, anda juga bisa mengembangkan produk baru yang sudah ada menjadi produk yang luar biasa. Dalam hal ini, anda bisa meningkatkan kualitasnya, memperbarui bentuknya, atau menambah cantik tampilan kemasan.

  3. Meningkatkan kualitas SDM

    Untuk menciptakan produk yang kreatif serta inovatif, tentu dibutuhkan tenaga yang berkompeten, atau istilahnya sumber daya manusia yang benar-benar menguasai bidang ini. Karenanya, sebelum merencanakan sesuatu yang inovatif, penting bagi anda untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan sesuai dengan kebutuhan pengembangan perusahaan.

    Hal ini sangat penting, karena tanpa adanya tangan-tangan kreatif, akan sangat mustahil sebuah produk inovatif nan kreatif dapat tercipta.

  4. Meningkatkan pelayanan

    Selain strategi inovasi dengan menciptakan produk baru, anda juga bisa menawarkan pelayanan khusus bagi para konsumen. Misalnya dengan membuka pemesanan secara online, memberikan layanan delivery order, serta menawarkan paket layanan one stop service untuk memberikan total solusi bagi para konsumen anda.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi persaingan usaha dalam bisnis furnitur mebel. Jangan cuma dibaca, tapi juga dipraktekkan. Karena takkan ada perubahan tanpa praktek (action) yang sungguh-sungguh. Semangat ! 😀

Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • resiko usaha mebel
  • bagaimana membuat inovasi produk mebel jati daur ulang yang berbeda dengan yang sudah ada
  • cara mengatasi persaingan usaha
  • pembuatan mebel
  • resiko usaha online furniture
  • persaingan usaha furniture
  • cara memulai usaha meubel
  • bisnis mebel
  • pengusaha kerajinan kayu yang ada di indonesia
  • resiko dalam usaha mebel
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "4 Cara Mengatasi Persaingan Usaha Mebel"