Cara Memulai Bisnis Pulsa Agar Cepat Untung

1 comment 1293 views

Berjualan pulsa merupakan salah satu bisnis yang mudah dilakukan siapa saja, bahkan pemula sekalipun. Hal ini karena dalam memulai bisnis pulsa tidak terlalu ribet, tak banyak hal yang dibutuhkan seperti dalam membuat toko online misalnya.

Bisnis pulsa sekarang ini sudah banyak yang bisa melayani all operator. Jadi semua operator bisa dilayani dengan hanya satu handphone, tidak seperti dulu. Memulai bisnis pulsa itu mudah, yang sulit adalah mempertahankan eksistensi bisnis tersebut.

memulai bisnis pulsa

konter pulsa / gambar via jateng.tribunnews.com

Untuk itulah, artikel ini nantinya juga akan membahas lengkap tentang cara mempertahankan bisnis pulsa agar tetap eksis, tetap laku, dan selalu untung.

Cara mudah memulai bisnis pulsa :

  1. Persiapkan alat

    Alat standar yang dipergunakan untuk memulai bisnis pulsa adalah handphone. Tidak usah bagus-bagus, asal bisa sms, bisnis pulsa pun jalan. Malah kebanyakan orang-orang suka handphone jadul seperti Nokia 3310 untuk mengisi pulsa. Alasannya karena sinyalnya lebih kuat dan lebih cepat.

    Kalau anda mempunyai smartphone, maka itu lebih bagus lagi, karena anda bisa melakukan order pulsa melalui YM, WA, Line, BBM dan sebagainya.

  2. Modal deposit

    Agar Hp yang anda miliki bisa menjual pulsa, anda perlu melakukan deposit ke saldo pulsa yang anda miliki. Dengan minimal pengisian sebesar Rp. 50 ribu (rata-rata), saldo pulsa anda pun sudah bisa dipergunakan untuk berjualan pulsa.

  3. Melakukan pendaftaran

    Setelah modal terkumpul, anda perlu mendaftar ke agen pulsa all operator. Pilih agen yang bisa membuat 1 chip sim card, mengisi semua nomor pulsa. Agen pendaftaran pulsa all operator mudah ditemui di sekitar anda. Kalau pengen simpel, anda juga bisa mencari agen pulsa all operator secara online.

Setelah selesai melakukan pendaftaran ke agen pulsa, anda sudah bisa mulai jualan pulsa. Seperti yang saya singgung di atas, agar penjualan pulsa anda bisa tetap berjaya dan lancar, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tips agar bisnis pulsa tetap eksis

  1. Minimalkan piutang pulsa

    Penjual pulsa pasti menjadi sasaran orang untuk berhutang pulsa, dan biasanya para pengutang pulsa ini datang dari teman dekat, sahabat, bahkan saudara. Hal ini menimbulkan rasa tidak enak ketika ingin menagih.

    Celakanya, para pengutang yang tak bertanggungjawab ini sangat sulit dihilangkan, karena setiap hari kita hidup berdampingan dengan mereka. Untuk itulah kita perlu meminimalkan kegiatan bon pulsa atau hutang pulsa ini. Bagaimana caranya?

    Salah satu caranya adalah dengan bersikap tegas. Meski terdengar tidak enak melakukan hal ini kepada teman dekat, sahabat hingga saudara, namun kita perlu tegas membedakan hubungan bisnis dengan pertemanan, hubungan bisnis dengan persaudaraan.

    Ingatkan pada mereka jika boleh hutang pulsa, tapi tak lebih dari 3 hari misalnya. Karena kalau dibiarkan berlarut-larut mereka menunda pembayaran, kita yang rugi. Modal tidak berputar, dan bisnis pun terancam.

  2. Jangan mengambil keuntungan terlalu besar

    Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis pulsa rata-rata 500 rupiah. Jika anda mengambil keuntungan 1.000 rupiah, niscaya pembeli bisa pindah tempat. Karena mudahnya memulai bisnis pulsa, membuat orang berlomba-lomba ikut andil dalam mendapatkan peluang ini.

    Sebagaimana hukum pasar, jika jumlah penawaran terlalu banyak daripada permintaan, maka akan terjadi harga murah. Bagaimana agar untung banyak? Sebagaimana diketahui, bisnis pulsa merupakan salah satu bisnis yang perputarannya cepat, maka dari itu, anda harus pandai-pandai mendapatkan banyak pelanggan dan mempertahankannya.

  3. Memilih server pulsa yang handal dan terpercaya

    Server pulsa adalah penggerak utama dari keberlangsungan bisnis ini. Maka dari itu, jika server pulsanya tidak bagus, akan sangat mengancam keberlangsungan usaha. Pembeli bisa dengan cepat berpindah ke penjual pulsa lain karena terlalu banyaknya orang yang melakukan bisnis ini.

    Pilih server pulsa yang handal dan terpercaya. Handal bisa berarti dapat melakukan transaksi secara cepat, respon pelayanan juga cepat ketika terjadi gangguan. Bagaimana cara mencarinya? Anda bisa browsing di internet.

    Jangan hanya menjadikan internet sebagai media sosial saja ๐Ÿ˜€ namun juga harus menjadikannya sebagai sebuah pusat informasi yang berguna. Jika dirasa server pulsa yang didapat tak sesuai kriteria handal dan terpercaya, segera ganti dengan yang baru. Karena tak ada kesulitan yang berarti untuk berganti server pulsa.

    Ada baiknya juga anda mendaftar tak hanya pada satu server pulsa saja. Tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk server pulsa. Ada kalanya server pulsa mengalami jaringan down, maintenance, stok kosong, dan berbagai masalah lainnya.

    Dengan memiliki cadangan server pulsa, hal-hal tersebut dapat diminimalisir, sehingga anda akan benar-benar berada dalam jaringan server pulsa yang handal. Selain itu, dengan memiliki cadangan server pulsa, kita dapat memaksimalkan keuntungan. Karena biasanya harga beli. pulsa di satu server, bisa berbeda di server lain.

  4. Giat berpromosi

    Namanya bisnis tentu harus dipromosikan, tak terkecuali usaha pulsa ini. Promosi konvensional bisa dengan mendirikan kios atau konter pulsa. Tak perlu lebar-lebar. Anda juga bisa berpromosi secara gethok tular (promosi mulut ke mulut).

    Beritahu teman, saudara, sahabat, pacar, gebetan, bahkan orang asing yang lewat ๐Ÿ˜€ mengenai bisnis pulsa yang anda jalankan. Anda juga bisa berpromosi melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.

    Jika pelayanan dan server pulsa anda bagus, para pelanggan tak segan-segan memberitahu usaha pulsa anda ke teman-teman mereka yang lain.

  5. Memperpanjang jam operasional

    Jika anda memiliki sebuah konter pulsa dan biasanya tutup jam 9 malam dan buka jam 9 pagi misalnya, katakan pada para pelanggan bahwa mereka tetap bisa memesan pulsa meski konter tutup. Boleh bayar belakangan, tapi jangan lama-lama.

    Dengan memperpanjang jam operasional, para pelanggan seakan-akan memiliki konter pulsa pribadi yang dapat melayani 24 jam. Dan hal ini tentu sangat menguntungkan anda.

  6. Melengkapi jualan

    Sekarang ini segala pembayaran bisa dikerjakan secara online. Mulai dari pembayaran listrik, air PAM, tiket, tagihan pembiayaan dan lain-lain. Maka dari itu, agar usaha pulsa anda semakin eksis, tak ada salahnya untuk melengkapinya dengan fasilitas pembayaran tersebut.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa anda terapkan dalam memulai bisnis pulsa dan mempertahankan eksistensinya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • foto konter pulsa
  • gambar untuk konter
  • konter
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Mencari Uang Melalui Kerjasama Usaha | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] satu bisnis yang bisa dilakukan dengan kerjasama adalah bisnis pulsa. Kenapa bisnis pulsa dipilih? Karena jika Anda memiliki rekan bisnis dalam bisnis pulsa ini, lingkup pemasaran Anda juga […]

    Reply

Leave a reply "Cara Memulai Bisnis Pulsa Agar Cepat Untung"