Cara Mudah Memulai Bisnis Tiket Pesawat Online

Cara memulai bisnis tiket pesawat online – Perkembangan internet di Indonesia memang banyak membawa kemajuan pada berbagai sektor, salah satunya mengenai pemesanan tiket pesawat. Zaman dulu jika ingin beli tiket pesawat, kita harus menuju counternya di bandara. Cukup merepotkan jika ternyata kita perginya bukan di hari itu. Jadinya harus bolak balik bandara cuma untuk urusan tiket.

Setelah ada internet, pemesanan tiket pesawat pun menjadi sangat mudah. Kita bisa booking tiket pesawat secara online. Tak perlu lagi harus ke counter tiket pesawat. Cukup lewat smartphone (android dan ios), komputer atau laptop yang terkoneksi internet, kita bisa melakukan transaksi pembelian tiket pesawat.

Kalaupun belum mau beli, kita bisa cek terlebih dulu, melihat-lihat maskapai mana yang memberikan promo harga tiket pesawat murah. Kita juga bisa membandingkan dengan agen tiket pesawat lainnya tanpa harus beli atau basa basi bertanya.

Bagi orang introvert seperti saya, hal ini sangat membantu. Coba kalau di counter asli dunia nyata. Udah banyak nanya ke CS nya, eh endingnya nggak jadi beli, pindah ke counter lain, nanya-nanya lagi, bandingin harga dan nggak jadi beli juga. Selian nggak enak, juga malu, hehe 😳

Setiap agen tiket pesawat online biasanya sudah menyediakan semua tiket maskapai secara lengkap, baik rute domestik hingga luar negeri, mulai dari lion air, citilink, batik air, sriwijaya, airasia, aviastar, transnusa, merpati, kalstar, wings air hingga garuda indonesia.

Anda tentu tahu dong agen-agen tiket pesawat yang sering ngiklan itu, seperti traveloka, nusatrip? Nah, melalui agen-agen tersebut, anda bisa memesan tiket pesawat online. Lalu, bagaimana cara pesan tiket pesawat jika ingin beli online via website Traveloka misalnya.

Anda tinggal menuju webnya di traveloka.com. Menurut saya tampilan pertama dari web Traveloka sangat bersahabat bagi pengguna yang awam mengenai pembelian tiket pesawat online. Seolah-olah kita dipandu secara tak langsung karena saking mudahnya navigasi pembelian tiket yang ditawarkan.

cara memulai bisnis tiket pesawat online

tampilan home traveloka / gambar via traveloka.com

Pembelian tiket pesawat secara online ini akan memunculkan tiket elektronik atau disebut juga etiket. Anda jangan khawatir, pembelian tiket secara online ini terbilang aman dan terpercaya. Kalau anda kurang yakin untuk melakukan transaksi sendirian, anda bisa memesan tiket pesawat di alfamart.

Cara memulai bisnis tiket pesawat online

Itu tadi merupakan gambaran mengenai kemudahan pembelian tiket pesawat secara online. Kalau ada yang mudah, orang-orang tentu lebih memilihnya. Dilihat dari sudut pandang pengusaha, hal ini tentu sebuah peluang tersendiri untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis tiket pesawat online. Lalu, bagaimana cara memulainya?

Untuk memulai bisnis tiket pesawat online, anda bisa memulai dengan beberapa cara :

  1. Melakukan kerjasama dengan menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat online.

    Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena anda hanya tinggal mengikuti SOP (Standart Operational Procedure) untuk menjalin kerjasama dengan pihak waralaba. Biasanya anda hanya diminta untuk menyediakan lokasi usaha dan seperangkat peralatan operasional seperti komputer, printer, internet dan telepon.

    Selain itu, ketika menjalankan usaha ini, anda juga akan mendapatkan full support dari tim waralaba agen tiket pesawat dengan seluruh sistem operasional bisnisnya. Untuk mencari waralaba bisnis tiket pesawat online, cari aja di google dengan kata kunci waralaba tiket pesawat online atau franchise tiket pesawat online.

  2. Membuka bisnis tiket pesawat online secara mandiri

    Untuk bisa memiliki bisnis tiket pesawat online secara mandiri, anda harus menjadikan usaha tersebut berbadan hukum dengan bentuk PT (Perseroan Terbatas) dan juga memiliki sertifikat bukti keanggotaan ASITA (Asosiasi Pariwisata Indonesia).

    Kedua syarat di atas merupakan ketentuan wajib yang harus dipenuhi pengusaha untuk bisa membuka keagenan bisnis tiket pesawat online. Jika anda tidak memenuhi syarat tersebut, usaha anda akan dianggap ilegal dan tidak sah.

    Setelah memenuhi persyaratan legalitas usaha di atas, maka anda sudah bisa menjalankan bisnis tiket pesawat online. Untuk memudahkan kegiatan operasional, rekrutlah setidaknya 2 operator.

    Operator pertama bertugas melayani pelanggan (Customer service) dan satu operator lainnya untuk operasional bisnis.

Manajemen bisnis tiket pesawat online

Pertama-tama tentukanlah jumlah karyawan. Untuk bisnis tiket pesawat online ini, idealnya adalah 3 orang karyawan. Tempatkanlah 2 orang untuk reservasi yang bertugas melayani calon pembeli dan dan 1 orang untuk operasional usaha.

Tugas bagian operasional adalah melakukan tugas keagenan seperti mengantar tiket ke pembeli, membeli tiket fisik ke maskapai atau mengantar setoran ke maskapai.

Selain itu, dalam manajemen bisnis tiket pesawat online perlu adanya pembekalan karyawan. Bekali karyawan anda mengenai connecting. Dalam hal ini, Connecting berhubungan dengan jadwal penerbangan, maskapai yang digunakan, waktu keberangkatan dan lain sebagainya.

Untuk memperlancar operasional usaha, siapkan juga perangkat untuk mendukung bisnis tiket pesawat online. Beberapa perangkat tersebut antara lain : koneksi internet, printer, komputer, software gratis yang diberikan maskapai serta peralatan kantor pada umumnya seperti meja kursi.

Strategi pemasaran bisnis tiket pesawat online

Strategi pemasaran berhubungan erat dengan bagaimana cara agar bisnis tiket pesawat online yang kita miliki memiliki banyak pelanggan. Sesuai dengan pemaparan di atas, anda setidaknya memiliki semacam konter tiket pesawat online di tempat-tempat yang sekiranya orang akan membeli tiket pesawat.

Ada yang menggabungkannya dengan tour and trave. Bisa juga dengan membuka konter yang berlokasi tak jauh dari bandara. Selain itu, anda juga bisa membuat kartu nama yang menerangkan bahwa anda adalah pemilik bisnis tiket pesawat online. Setiap kali berkenalan dengan orang baru, jangan lupa untuk memberi kartu nama tersebut.

Hal ini juga memudahkan anda menjawab pertanyaan teman atau kerabat jika ditanya “sibuk apa sekarang?”. Anda bisa menjawab kalau sekarang sedang sibuk menjalankan bisnis tiket pesawat online sambil menyodorkan kartu nama anda. Keren kan 😀

Lakukan juga promosi secara online melalui website, blog, dan media sosial. Berikan harga promo atau diskon agar konsumen tertarik dengan bisnis tiket pesawat online yang anda miliki. Selain itu anda juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen.

Ajari karyawan anda untuk memiliki sikap yang baik dan menjunjung tinggi kesopanan pada semua konsumen. Meski hal ini terlihat sepele dan hal dasar, namun cukup sulit juga untuk diterapkan jika tak dibiasakan.

Itulah beberapa uraian yang bisa saya sampaikan terkait cara memulai bisnis tiket pesawat online. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • jadi marketing tiket pesawat lewat androit
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Keuntungan Bisnis Tiket Pesawat Online | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] melihat postingan kemarin mengenai cara memulai bisnis tiket pesawat online, ternyata cukup mudah. Apalagi jika anda bergabung dengan waralaba tiket pesawat online. Biaya yang […]

    Reply
  2. Kiat Sukses Bisnis Musiman Jelang Ramadhan | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] lain yang juga tak kalah prospektif, yaitu perlengkapan sholat, pembuatan parsel, rental mobil, penjualan tiket transportasi umum, jasa penitipan sepeda motor, hingga jasa penitipan hewan […]

    Reply
  3. Travel Haji Dan Umroh Hasilkan Omset 500 Juta | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Go Tour (Gotur). Awalnya Noviana memulai bisnis ticketing di tahun 2004. Lama berkecimpung di bisnis tiket membuat Anna, sapaan akrab Noviana, mengembangkan usahanya menjadi tour and travel di tahun […]

    Reply

Leave a reply "Cara Mudah Memulai Bisnis Tiket Pesawat Online"