Kiat Sukses Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris

Usaha kursus bahasa inggris – Bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Dengan kata lain, kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia dengan hanya menggunakan bahasa inggris. Ketika sekolah, pelajaran bahasa inggris diberikan mulai dari SMP hingga bangku kuliah. Malah sekarang SD juga sudah mulai diberi pelajaran bahasa inggris.

Begitu pentingnya bahasa inggris, membuat sebuah celah peluang usaha muncul. Peluang usaha tersebut adalah kursus bahasa inggris. Sebagaimana diketahui, salah satu jenis bisnis yang akan terus eksis adalah bisnis di bidang pendidikan, dan kursus bahasa inggris adalah salah satunya.

usaha kursus bahasa inggris

Gambar sekedar ilustrasi – usaha kursus bahasa inggris / gambar via education-newzealand.org

Selain itu, sekarang ini banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk mengikuti bimbingan belajar bahasa inggris agar nilai bahasa inggris di sekolahnya selalu bagus. Nah, sudah cukup kuat kan alasan untuk membuka kursus bahasa inggris? Selanjutnya mengenai kiat sukses di bisnis ini.

Kiat sukses membuka usaha kursus bahasa inggris

Meski usaha kursus bahasa inggris ini sudah cukup banyak di berbagai tempat, tak ada salahnya tetap membangun usaha ini, dengan catatan menerapkan kiat-kiat suksesnya. Beberapa kiat sukses membuka usaha kursus bahasa inggris adalah sebagai berikut :

  1. Memilih nama

    Memberi nama usaha adalah penting. Hal ini akan memudahkan orang-orang untuk mengingat nama usaha kursus bahasa inggris yang anda miliki. Selain itu juga memudahkan untuk kepentingan promosi nantinya (branding).

    Kalau tak mau repot, anda bisa “membeli nama” dari usaha kursus bahasa inggris terkenal yang sudah jalan. Dengan kata lain anda membeli lisensi dari usaha tersebut. Cara semacam ini disebut franchise atau waralaba.

    Dengan membeli usaha yang sudah memiliki nama baik, tentu akan mempercepat pencapaian keuntungan yang diharapkan. Namun kekuragannya adalah, harga franchise yang mahal, dan juga harus bagi hasil dengan pemilik franchise.

  2. Pilih lokasi yang ramai

    Hal ini mutlak harus dilakukan semua usaha, tak hanya kursus bahasa inggris. Dimanakah lokasi yang ramai tersebut? Bisa di dekat sekolah, perumahan, dan tempat-tempat ramai lainnya di sekitar anda.

  3. Tunjukkan bukti prestasi

    Bukti prestasi dilakukan untuk memberitahu masyarakat bahwa usaha yang anda miliki ini benar-benar bonafit, sehingga hal ini akan lebih meyakinkan para konsumen anda nantinya. Lalu bagaimana caranya?

    Anda bisa menunjukkan kalau anda adalah seorang mantan guru bahasa inggris, sehingga mengesankan bahwa anda benar-benar ahli di bidang pendidikan. Selain itu juga bisa menggunakan kurikulum terbaru dan para pengejar yang berkualitas.

  4. Rajin berpromosi

    Promosi mutlak harus anda lakukan, terlebih jika masih awal-awal memulai usaha. Beberapa promosi yang bisa anda lakukan seperti : memasang papan nama, spanduk, umbul-umbul, menyebar brosur secara rutin, baik di sekolahan, perumahan, tempat-tempat lainnya.

    Anda juga bisa mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah. Tujuannya adalah agar para guru di sekolah tersebut mau merekomendasikan usaha kursus bahasa inggris yang anda miliki. Bentuk kerjasamanya bisa bermacam-macam. Misalnya latihan soal, tes TOEFL, penyediaan buku bahasa inggris, dan lain-lain.

    Selain itu, anda bisa memberikan pengajaran gratis melalui program “Coba gratis 1x” misalnya. Tujuannya adalah memenangkan hati konsumen dan memancingnya agar mau mendaftar kursus di tempat anda. Jika setelah mencobanya dia tertarik, tentu si konsumen akan segera mendaftar.

    Model promosi yang lain adalah dengan memberi diskon khusus jika mendaftar secara berkelompok. Dengan begini, konsumen yang awalnya ingin mendaftar seorang diri, dia akan tertarik mengajak teman-temannya yang lain untuk ikut mendaftar juga. Jika promosi ini berhasil, tentu anda tidak perlu capek-capek lagi dalam berpromosi.

    Jangan lupa juga untuk memanfaatkan internet sebagai media promosi anda. Buatlah fanspage facebook. Kemudian promosikan usaha kursus bahasa inggris anda melalui jaringan periklanan facebook (fb ads). Selain anda tidak perlu promosi manual, anda bisa dengan mudah mensetting dan menarget calon konsumen sesuai kriteria yang anda inginkan, mulai dari umur, sekolah, tempat tinggal dan sebagainya.

    Kerjasama dengan media massa. Media massa baik cetak maupun elektronik merupakan partner yang tepat untuk membantu mempromosikan usaha anda. Agar media massa mau meliput usaha kursus bahasa inggris yang anda miliki, anda harus memiliki keunikan atau nilai lebih dari kursusan tersebut.

  5. Pelayanan maksimal

    Dengan pelayanan yang baik, usaha anda akan mudah mendapatkan pelanggan lain karena adanya rekomendasi dari pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan kursus bahasa inggris yang anda miliki.Pemaksimalan pelayanan bisa dimulai dari fasilitas. Misal : adanya mushola, hotspot gratis, ruang multimedia, berdiskusi bahasa inggris dengan warga asing, hingga pengajar yang ramah dan benar-bener berkompeten.

Demikianlah artikel mengenai cara meningkatkan omset atau kiat sukses menjalankan usaha kursus bahasa inggris. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • usaha les bahasa inggris
  • bisnis kursus bahasa inggris
  • Cara memulai bisnis bimbel bahasa inggris
  • cara mengembangkan kursusan
  • promosi les bahasa inggris
  • nama les bhs inggris nama pemilik
  • persyaratan membuka kursus bahasa inggris
  • nama untuk usaha kursus
  • peluang bisni dengan bahasa inggris
  • menghitung modal untuk usaha kursus bahasa
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Kiat Sukses Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris"