Hearty Foodie, Camilan Sehat Dari Buah Asli

Kisah sukses hearty foodie – Memiliki kegemaran yang sama di bidang makanan sehat, membuat tiga sahabat, Niki Tsuraya Yaumi, Ade Permata Surya dan Nur Sofia Wardani Yahya (Opi) merancang produk camilan sehat yang memiliki nilai jual tinggi. Ide tersebut muncul tak sengaja ketika tiga sahabat ini melihat peluang kuliner sehat di kota-kota besar Indonesia.

Ketiganya memiliki background pendidikan yang memang tak jauh dari kuliner. Misalnya Ade Permata Surya yang merupakan lulusan ilmu gizi di UI. Kemudian Nur Sofia Wardani Yahya adalah lulusan Teknologi Pangan dari IPB, dan Niki Tsuraya Yaumi merupakan lulusan Master IT & Innovation Management dari Warwick, Inggris.

hearty foodie

Raisin Banana, salah satu rasa Mister Timber / mistertimber.com

Ketiga sahabat ini mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh dari bangku kuliah tersebut terhadap berbagai varian produk camilan sehatnya yang diberi nama Hearty Foodie. Misalnya Niki Tsuraya Yaumi memberikan ide-ide camilan sehat yang ia temukan saat kuliah di Inggris. Kemudian dari ide-ide tersebut, akan diinovasikan oleh Nur Sofia WY agar sesuai dengan kondisi Indonesia. Sedangkan Ade Permata S mengatur kandungan gizi dari camilan yang diproduksi.

Modal awal hearty foodie

Dengan modal tak lebih dari Rp. 5 juta, ketiga sahabat ini mencoba mengembangkan produk dalam jumlah banyak. Kemudian untuk menjaga kualitas, mereka mengemasnya dengan packaging yang menarik dari aluminium foil. Sebelumnya, mereka hanya mengemas produk dengan plastik biasa.

Varian produk hearty foodie

Ada dua jenis produk yang ditawarkan hearty foodie. Kedua produk yang ditawarkan ini cukup unik dan masih jarang ditemukan di Indonesia. Yang pertama adalah Mister Timber. Produk berjenis camilan cracker ini dibuat dari perpaduan oat dan almond serta beberapa tambahan rasa buah. Jika produk cracker pada umumnya berbentuk biskuit, hearty foodie menginovasinya dengan bentuk stick.

Mister Timber memiliki empat varian rasa, yaitu Chocholate, cheese, raisin strawberry dan raisin banana. Mister Timber menggunakan gula rendah kalori yang kaya akan serat. Hal ini membuat Mister Timber sangat cocok untuk camilan sehat, serta camilan diet dengan kalori yang terkontrol.

Dari keempat rasa Mister Timber, dibagi menjadi dua varian. Yang pertama fruits varians, dimana raisin strawberry dan raisin banana masuk ke dalam varian ini. Kemudian fun varians yang didalamnya ada rasa chocholate dan cheese.

Fruit varians dijual dengan harga Rp. 17.500 per bungkus 50 gram dan fun varians Rp. 23.500 per 50 gram. Beda dari kedua varian tersebut adalah rasa dan pangsa pasarnya. Untuk fruits varians lebih banyak disukai anak-anak karena ada rasa buahnya. Sedangkan fun varians biasanya disukai para wanita karena bisa meningkatkan mood.

Jenis produk kedua adalah Frutaday. Cemilan jenis ini terbilang masih baru di Indonesia, namun sudah terkenal di luar negeri sebagai cemilan sehat. Frutaday dari hearty foodie berbentuk lembaran seperti rumput laut, namun berbahan baku buah segar serta bertekstur kenyal. Frutaday memiliki 2 rasa, yaitu mangga dan strawberry.

Frutaday bisa dikonsumsi sebagai pengganti buah untuk pencuci mulut, pengganti selai roti dan sebagai taburan. Dengan bahan baku buah asli tanpa pengawet, pemanis ataupun pewarna, membuat frutaday sangat aman dikonsumsi segala usia.

Frutaday dijual dengan harga Rp. 10rb per bungkus isi satu lembar snack buah ukuran 9 cm x 15 cm. Meski tanpa bahan pengawet, produk hearty foodie mampu bertahan lama. Selain itu, hearty foodie ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI serta PIRT dari dinas kesehatan.

Proses produksi

Meski masih skala rumahan, para sahabat ini tak tanggung-tanggung dalam menekuni bisnis makanan ringan tersebut. Hal ini mereka buktikan dengan adanya SOP (Standart Operating Procedure) yang mereka buat dan harus mereka jalani demi menjaga kualitas produk.

Di awal usaha, mereka hanya menggunakan dapur sederhana, mulai dari timbangan, tempat mencampur adonan, loyang, hingga mesin pemotong adonan. Namun seiring banyaknya pesanan, sedikit demi sedikit mereka mampu membeli peralatan mesin sehingga produksi bisa lebih maksimal.

Kendala usaha

Awal mula memulai usaha, mereka sering mengalami masalah dalam mengedukasi masyarakat mengenai snack sehat yang dibuat. Mereka tidak paham apa itu oat. Namun setelah dibilang jika itu sejenis Quacker Oat, barulah mereka paham.

Konsep snack sehat yang diusung memang masih sangat baru di Indonesia, karenanya mereka harus terlebih dulu mengedukasi masyarakat dan memasarkan produknya dengan baik. Namun seiring berjalannya waktu, dengan kualitas yang terjamin dan tampilan menarik, membuat hearty foodie mulai cepat dikenal masyarakat.

Strategi pemasaran hearty foodie

Mulanya mereka hanya mengenalkan Hearty Foodie melalui instagram dan menawarkan pada teman-temannya. Tak disangka, produk yang awalnya menyasar kalangan menengah atas ini malah disukai berbagai kalangan masyarakat.

Titik balik kesuksesan penjualan hearty foodie adalah saat mereka mengikuti event PRJ Monas. Meski awalnya sempat putus asa karena sudah antri lama mendaftar di PRJ, tapi pas giliran malah pendaftaran ditutup. Beruntung salah satu panitia sempat melihat produk mereka dan akhirnya diberi kesempatan untuk presentasi.

Dengan keunikan produk hearty foodie, akhirnya mereka pun lolos menjadi salah satu peserta di PRJ Monas kala itu. Dan siapa sangka, produk mereka laris manis diborong konsumen. Setiap harinya hearty foodie selalu ludes terjual. Dari sinilah brand hearty foodie mulai lebih dikenal banyak orang.

Keberhasilan Ade dan Opi membuatnya seringkali diundang untuk mengisi acara pameran makanan sehat. Salah satunya di Mal Yogya dan Riau Junction Bandung yang selalu mengadakan event produk sehat tiap tahunnya. Melihat produk mereka yang masih jarang di pasaran, membuat pihak mal menawarkan kerja sama pemasaran produk hearty foodie.

Kini produk hearty foodie juga sudah di pasarkan ke beberapa pusat perbelanjaan kelas middle up. Diantaranya : Kemchick Pacific Place, Farmers Market di Jabodetabek, Food Hall Jabodetabek, Lotte Mart, Indomart Fresh, serta Lulu Retail yang merupakan jaringan retail terbesar di jazirah arab.

Info lebih lanjut tentang hearty foodie silakan hubungi :

Hearty Foodie
Cengkareng, Jakarta Barat. Telp 088211259917. Pin BB : 51B606CB

Demikianlah kisah sukses pendiri hearty foodie. Semoga menginspirasi :)

Referensi Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Cara Mudah Memasarkan Usaha Keripik | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Makanan ringan asli Indonesia ini memiliki aneka varian. Mulai dari keripik singkong, keripik pisang, keripik buah, keripik kentang, keripik ubi, keripik tempe, keripik nangka, hingga keripik maicih dan keripik karuhun. Baca : Inilah kisah sukses pembuat camilan sehat dari buah asli […]

    Reply

Leave a reply "Hearty Foodie, Camilan Sehat Dari Buah Asli"