Kisah Sukses Bisnis Kemeja Flanel Motif Kotak

Meski banyak tren fashion yang berkembang di kalangan anak muda, namun tak membuat produk fashion yang telah lama ada seperti kemeja kotak-kotak kehilangan peminat, apalagi setelah dikembangkan menjadi kemeja flanel motif kotak.

Prospek cerah tentang perkembangan kemeja flanel motif kotak ini dimanfaatkan dengan baik oleh Satria Dinata, pemilik Brainsto Apparel. Dulunya Satria hanyalah seorang reseller kaos polos, namun kini ia mulai memproduksi sendiri berbagai produk pakaian. Berikut ini kisah usahanya.

Awal mula usaha kemeja flanel motif kotak

Diawali dari hobinya membeli aneka pakaian distro, membuat Satria terinspirasi untuk membuka usaha pakaian sendiri. Kala itu dia melihat brand kaos luar yang memang berkualitas, namun berharga mahal. Sedangkan brand dalam negeri harganya memang murah, tapi kualitasnya kurang.

kemeja flanel motif kotak

Salah satu produk kemeja flanel motif kotak Brainsto Apparel / gambar via brainstoapparel.blogspot.co.id

Dari fenomena tersebut, ia jadi terinspirasi untuk membuat produk sendiri dengan harga terjangkau, namun kualitasnya tak kalah dengan brand luar.

Saat memulai usaha, Satria tidak memiliki modal. Ia menyiasatinya dengan menjadi reseller (agen) kaos polos pada tahun 2011. Mengetahui respon pembeli yang begitu bagus kala itu, Satria pun terus mencari produk-produk terbaru yang sedang menjadi tren di pasaran.

Perkembangan usaha Satria pun meningkat. Tak mau kehilangan peluang bagus ini, Satria segera mengembangkan usahanya dengan memproduksi sendiri usahanya di bawah brand Brainsto Apparel. Karena saat itu modalnya masih terbatas, Satria menggandeng jasa maklon sebagai mitra usaha, dengan model pakaian tetap dari Satria.

Modal awal yang dikeluarkan Satria untuk memproduksi sendiri produk usahanya adalah sebesar Rp. 3 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli kain dan membuat merk. Dari situ Satria mulai berkreasi dengan membuat berbagai contoh produk pakaiannya, mulai dari kemeja denim kombinasi flanel, kemeja flanel motif kotak, kemeja motif rusa, kaos wangki, kaos polos, celana denim, jogger pant, hingg berbagi model topi.

Karena produk pakaian yang ia keluarkan selalu mendapat respon baik dari para konsmen, tak ayal jika hanya dalam waktu 2 bulan, modal Satria sudah balik. Karena Satria lebih berfikir untuk jangka panjang, ia tak lantas mengambil keuntungan dari hasil jualan tersebut, melainkan ia putarkan lagi untuk memperbesar usaha clothing yang ia jalankan itu.

Ragam model produk

Dari sekian banyak produk pakaian yang diproduksi Satria, yang termasuk laku keras di pasaran adalah kemeja flanel motif kotak bergaris dan kaos full cotton dengan model long sleeve (lengan panjang, snapback).

Model kemeja flanel motif kotak dari Satria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kemeja-kemeja pada umumnya. Hanya saja model yang diproduksi Satria ini lebih simpel, dengan adanya 1 kantong di depan sebelah kiri dan model jahitannya yang sederhana.

Hal lain, yang membuat kemeja flanel motif kotak produksi Satria disukai para remaja adalah aksen motif kotak bergaris dan warna yang tidak terlalu mencolok.

Kaos cotton model long sleeve juga banyak digandrungi konsumen Satria. Hal ini karena desainnya yang simpel dengan bahan cotton berkualitas bagus, sehingga tidak menimbulkan rasa panas ketika dipakai. Selain itu, kesan soft yang dihasilkan dari desain gambar sablonnya yang tak terlalu ramai menjadi alasan tambahan para konsumen memilih produk dari Brainsto Apparel ini.

Harga produk

Kemeja flanel motif garis lengan panjang ditawarkan Rp. 250 rb/pcs, kemaja flanel motif garis pendek Rp. 190 rb/pcs, kemeja non flanel lengan panjang Rp. 230 rb, kemeja non flanel lengan pendek Rp. 260 rb, kaos lengan panjang Rp. 150 rb, lengan pendek Rp. 130 rb dan kaos berkerah Rp. 140 rb.

Dalam sebulan, Satria bisa memproduksi hingga 100-120 produk pakaian. Dengan jumlah produksi sebanyak itu, Satria mampu mengantongi omset sebesar Rp. 40 juta. Keuntungan bersih yang didapat Satria adalah sekitar Rp. 18 juta (45% dari omset).

Satria mendapatkan bahan baku untuk produk distronya dari pusat-pusat penjualan bahan baku, antara lain : tanah abang – Jakarta Pusat dan Cipadu – Tangerang Selatan.

Pemasaran

Media sosial seperti facebook dan twitter merupakan media pemasaran yang diandalkan Satria. Hal ini karena pangsa pasar produk Brainsto Apparel adalah para anak muda. Selian itu Satria juga memasarkan produknya dengan mengikuti berbagai pameran fashion, seperti Pameran Jakcloth yang baru saja digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Satria juga membuka sistem kerjasama keagenan (reseller). Hanya dengan membeli 5 produknya, para agen sudah bisa mendapatkan potongan harga sebesar 15%. Jika mitra atau agen tersebut membeli lebih banyak lagi, maka diskon yang didapat bisa lebih besar, yaitu 25%.

Info lebih lanjut dapat menghubungi :

Satria Dinata (Brainsto Apparel)
Komp. Pinang Griya Permai, Jl. Anggrek Raya, Blok F1265 M27
RT 14 RW 06 Tangerang, Banten
Telp. 085714137392
IG : @brainstoapparel
FB : Brainsto Apparel

Demikianlah kisah sukses dan inspiratif dari Satria Dinata dengan produk distronya yang fenomenal, kemeja flanel motif kotak dan kaos full cotton model long sleeve. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 08 Th XI April 2016

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis kemeja flanel
  • usaha kemeja flanel
  • kemeja flanel
  • bagaimana membuat kemeja flanel
  • tips produksi kemeja
  • tips memulai usaha kemeja flanel
  • teknik bisnis baju flanel
  • perhitungan dalam membuat kemeja flanel
  • pengusaha kemeja planel
  • modal produksi kemeja
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Kisah Sukses Bisnis Kemeja Flanel Motif Kotak"