Kiat Sukses Bisnis Musiman Jelang Ramadhan

No comment 535 views

Menjelang ramadhan dan lebaran seperti ini, akan muncul yang namanya bisnis musiman jelang ramadhan. Seperti diketahui, meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang ramadhan dan lebaran akan mempengaruhi besarnya permintaan akan kebutuhan tersebut, dan inilah yang mendorong terjadinya fenomena bisnis musiman jelang ramadhan.

Sedikit mereview postingan sebelumnya tentang macam-macam usaha yang prospektif jelang ramadhan, usaha makanan memang menjadi langganan, entah itu takjil ataupun kue kering lebaran.

Namun jangan lupa bahwa ada usaha lain yang juga tak kalah prospektif, yaitu perlengkapan sholat, pembuatan parsel, rental mobil, penjualan tiket transportasi umum, jasa penitipan sepeda motor, hingga jasa penitipan hewan peliharaan.

bisnis musiman jelang ramadhan

strategi marketing / gambar via oneproductions.com

Kiat sukses bisnis musiman jelang ramadhan

Agar usaha musiman yang anda jalankan menuai sukses, tak ada salahnya untuk menerapkan kiat-kiat berikut ini :

  1. Lakukan survei pasar

    Survei pasar dilakukan untuk mengetahui minat konsumen. Seperti diketahui, meski banyak bisnis yang menghasilkan omset berlipat-lipat jelang ramadhan dan lebaran, namun anda tetap harus melakukan survei pasar untuk mengetahui produk mana yang benar-benar diminati konsumen di sekitar anda.

    Jangan sampai salah produk. Karena ini bisnis musiman, sekali anda salah produk, maka susah untuk menunggu kembalinya momen (butuh waktu lama). Misal yang lagi ramai di sekitar anda adalah fashion muslim, tapi anda malah berjualan parcel, jadinya nggak masuk kan?

  2. Pahami kalender belanja menjelang lebaran

    Sebelum memutuskan merintis usaha, ada baiknya untuk memahami kalender penerimaan gaji dan THR para pegawai ataupun karyawan. Hal ini cukup penting karena biasanya para konsumen mulai belanja setelah menerima gaji dan THR dari tempat mereka bekerja.

    Jadi tipsnya, sebisa mungkin tambahkan stok barang sebelum memasuki 2 minggu menjelang lebaran.

  3. Lengkapi pilihan produk

    Dengan memiliki pilihan produk yang lengkap, akan memudahkan anda dalam menjaring lebih banyak konsumen. Sediakan produk dengan rentang harga yang bervariasi, mulai dari yang paling murah, sedang, hingga produk branded. 

    Selain itu, anda juga bisa melengkapi produk dengan menambah varian warna dan ukuran untuk setiap jenis produk.

  4. Siapkan barang dagangan 2 bulan sebelum lebaran

    Untuk menghindari kenaikan harga barang dan kelangkaan menjelang lebaran, tak ada salahnya jika anda mempersiapkan stok produk dari jauh-jauh hari. Biasanya para pedagang eceran akan mulai berburu barang dagangan di pusat-pusat grosir 2 bulan sebelum lebaran.

    Strategi bisnis seperti ini mereka lakukan untuk untuk memperoleh harga kulakan yang cenderung lebih murah dan mendapatkan pilihan barang yang masih lengkap.

  5. Buat anggaran khusus untuk melengkapi stok barang

    Mengingat besarnya permintaan di musim lebaran, ada baiknya anda membuat alokasi dana khusus untuk melengkapi stok barang. Sesuaikan stok barang dengan kapasitas ruang display yang anda miliki, serta perhatikan pula banyaknya pesanan yang datang dari pelanggan.

Strategi pemasaran bisnis musiman jelang ramadhan

Agar artikel bisnis musiman jelang ramadhan yang saya tulis ini lebih lengkap, saya akan menambahkan tentang strategi marketing atau pemasaran yang jitu pada bisnis musiman jelang ramadhan.

  1. Tak perlu menyewa toko

    Mungkin ini terdengar aneh, namun bila dicermati, karena bisnis yang akan dijalankan termasuk bisnis musiman, agar lebih irit, ada baiknya untuk tidak menyewa toko. Sebagai gantinya, anda bisa mengikuti bazar ramadhan, pasar sore atau berbagai event penjualan lainnya di bulan ramadhan.

  2. Jalin kerjasama

    Untuk memperluas pemasaran produk, ada baiknya anda menjalin kerjasama dengan pelaku usaha lainnya. Misalnya menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis catering, pemilik biro jasa tour & travel, produsen kue kering, atau bisa juga dengan menitip barang ke pedagang musiman yang ada di daerah lain.

  3. Sebar brosur

    Brosur, pamflet, poster, banner, spanduk dan teman-temannya, merupakan media pemasaran konvensional yang masih memiliki power jika anda menyebarkannya tepat sasaran. Pastikan anda menyebar brosur pada tempat-tempat strategis yang terdapat banyak orang.

  4. Berikan pelayanan prima

    Pelayanan terbaik sangat penting dilakukan untuk mengikat konsumen agar tak pindah ke pedagang lainnya. Selain melayani pembelian di tempat, tak ada salahnya untuk membuka layanan pesan antar bagi pembelian dalam jumlah besar di dalam kota.

    Dengan begini, diharapkan loyalitas konsumen akan meningkat sehingga omset penjualan pun ikut melonjak.

  5. Promsi online

    Di era digital dan serba internet ini, jangan lupa untuk selalu mempromosikan berbagai macam produk usaha anda via online, termasuk produk bisnis musiman jelang ramadhan. Gunakan media gratis seperti facebook, twitter, blog, instagram.

Demikianlah ulasan saya mengenai tips sukses bisnis musiman jelang ramadhan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Kiat Sukses Bisnis Musiman Jelang Ramadhan"