Macam-macam Usaha Yang Tetap Eksis Di Tahun 2016

Macam-macam usaha yang tetap eksis di tahun 2016 – Tahun 2016 menjadi tahun yang baik bagi para pelaku usaha khususnya UMKM. Meksipun dihadapkan dengan berbagai kendala dan kesulitan seperti banyaknya produk impor di berbagai sektor, faktor permodalan, hingga rencana pembatasan BBM non subsidi, keberadaan para pelaku UKM tetap antusias.

Dengan inovasi kreatif, masih banyak usaha yang akan tetap booming hingga tahun-tahun ke depan. Usaha apa dan seperti apakah yang tetap eksis di tahun 2016 ini? Berikut ulasannya.

Bisnis selalu berjalan sesuai dinamika perkembangan zaman. Tren-tren bisnis terus berkembang mengikuti beragamnya permintaan pasar. Banyak orang mencoba membuka bisnis dengan beragamnya permintaan dan kesempatan tersebut.

Sebagian mereka ada yang sukses, ada juga yang gagal. Kesuksesan dan kegagalan tersebut dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya adalah bagaimana menangkap dan memahami kebutuhan pasar serta mengimplementasikannya ke dalam ide bisnis yang terencana dengan baik.

Namun saat ini kondisi perekonomian Indonesia sedang lesu akibat melonjaknya harga dolar Amerika. Ada kekhawatiran akan melemahnya daya beli masyarakat karena hal tersebut. Meski demikian, peluang-peluang bisnis yang diprediksi akan tetap membawa keuntungan di tahun-tahun mendatang. Belum lagi diterapkannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) di tahun 2016 ini. Hal ini tentu akan membawa tantangan bisnis tersendiri sekaligus peluang usaha baru.

Di tengah persaingan usaha yang semakin tajam di tahun 2016 ini, secara umum beberapa bidang usaa yang dijalani pelaku UMKM masih akan tetap produktif. Beberapa usaha tersebut antara lain : fashion, kuliner, kecantikan, telekomunikasi, otomotif, kesehatan, agribisinis, dan produk kreatif seperti kerajinan (handicraft).

macam-macam usaha yang tetap eksis di tahun 2016

Batik kreatif, salah satu usaha fashion yang akan tetap eksis di tahun 2016 / www.rumahvoila.com

Bahkan untuk bisnis kreatif saat ini telah menjadi perhatian utama sebagian besar negara di dunia karena diyakini bisnis ini mampu memberikan kontribusi perekonomian secara signifikan. Industri kreatif merupakan industri potensial untuk dikembangkan mengingat industri ini membutuhkan sumber daya yang sifatnya tidak terbatas yang berbasis pada intelektualitas SDM.

Macam-macam usaha yang tetap eksis di tahun 2016

Usaha kuliner

Disebutkan di awal bahwa produk kuliner masih memiliki peluang yang besar terutama yang hadir dengan kreasi-kreasi terbaru dan yang mengedepankan unsur kesehatan. Misalnya catering organik, menu makanan jepang hingga inovasi cita rasa baru seperti pizza boutique yang menyajikan menu pizza unik, yaitu pizza dengan rasa blackforest sehingga tercipta sensasi rasa manis dan asin yang lezat.

Bisnis kreatif

Untuk produk kreatif masih mendapatkan tempat di tahun 2016 ini. Karena memang produk ini selalu menghadirkan ide-ide baru yang unik. Ekspor industri kreatif Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat dan peluangnya di pasar dunia juga sangat semakin luas.

Bisnis fashion

Fashion atau pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Sehingga secara otomatis produk ini akan selalu dibutuhkan. Sekarang ini banyak pelaku usaha fashion yang sudah berkembang baik dan sangat kreatif sehingga bisa memanjakan pangsa pasar lokal dengan berbagai macam pilihan produk yang ada dari segmen bawah hingga atas. Nilai kreatif inilah yang membuat bisnis fashion akan terus booming dan bisa bersaing dengan ramainya produk impor.

Usaha Agribisnis

Usaha agribisnis juga memiliki prospek cerah di tahun 2016. Namun ada spesifikasinya. Menurut Kepala Pusat Kajian Buah Tropika IPB Dr. Ir. Sobir, M.Si, produksi sayur dan buah berkualitas dengan pasar eksklusif (bukan melalui jalur pemasaran seperti supermarket, direct selling), akan booming di tahun ini. Pemasaran eksklusif yang dimaksud adalah pemasaran sayur dan buah berkualitas secara online.

Usaha kecantikan dan kesehatan

Layaknya produk fashion, bisnis kesehatan dan kecantikan juga akan tetap bagus di tahun ini, mengingat kesehatan dan kecantikan sudah menjadi kebutuhan setiap manusia.

Bahkan di saat kondisi susah pun usaha di bidang kesehatan dan kecantikan akan tetap bertahan dengan kuat. Bidang kesehatan yang cukup bagus dikembangkan di tahun 2016 adalah yang berkaitan dengan produk herbal.

Usaha pengobatan alternatif

Pengobatan alternatif seperti pijat refleksi, akupuntur, acupressure dan sejenisnya menjadi kebutuhan hampir pokok yang mulai diminati oleh masyarakat di tahun 2016. Namun anda harus belajar terlebih dahulu mengenai bidang ini karena menyangkut kesehatan banyak orang.

Nah, itulah macam-macam usaha yang tetap eksis di tahun 2016 ini. Jika anda mempunyai ide usaha lain yang mempunyai ketahanan lama, silakan di share di kotak komentar :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 05 – Th XI – 2016

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • macam macam usaha produktif
  • usaha dekorasi produktif
  • macam macam wirausaha produktif
  • macam usaha
  • macam-macam usaha di bidang kecantikan
  • macam-macam usaha kreatif
  • perkembangan/usaha yg msih exsis
  • usaha yang tetap eksis
  • usaha yang tetap eksis hingga saat ini
  • bisnis yang tetap
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Rumah Voila, Produksi 1.000 Kebaya Batik Anak Per Bulan | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Selama perjalanan usahanya ini, diakui Irma belum pernah mengalami kerugian. Meski ada saat-saat penjualan mengalami sepi, tetapi menuju ke arah yang baik dari sejak awal usaha. Dengan mengikuti kemauan pasar, kreatif menciptakan model-model baru, turun langsung ke lokasi pemasaran, diakui Irma bisa lebih memahami model pakaian batik yang diminati pasar, sehingga bisnisnya tetap bisa eksis. […]

    Reply
  2. Kap Lampu Batik Solo Tembus Mancanegara | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] disebutkan sebelumnya tentang berbagai macam usaha yang akan tetap eksis di tahun 2016, salah satu bidang usaha yang akan tetap eksis adalah usaha kreatif. Hal ini benar-benar […]

    Reply
  3. Contoh Lengkap Bisnis Waralaba Modal Kecil | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Begitu pula dengan kecantikan. Siapa sih wanita yang tak ingin tampil sehat dan cantik? Maka dari itu, bisnis waralaba kesehatan dan kecantikan ini sangat terbuka luas peluangnya. Saya pernah mengulas tentang peluang usaha kesehatan dan kecantikan, anda bisa membacanya di sini. […]

    Reply

Leave a reply "Macam-macam Usaha Yang Tetap Eksis Di Tahun 2016"