Peluang Bisnis MLM Terbaru Saat Ini

5 comments 2020 views

Peluang Bisnis MLM Terbaru – MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu model bisnis dimana terdapat upline (atasan) dan downline (bawahan). Setidaknya itu pengertian MLM menurut sepengetahuan saya :D.

Namun jika mengutip dari wikipedia, MLM atau pemasaran berjenjang merupakan salah satu strategi pemasaran dimana tenaga penjual tak hanya mendapat kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, namun juga hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Banyak yang mengartikan MLM sebagai peluang kerja sambilan dari rumah. Itu tak sepenuhnya salah, karena sekarang ini telah banyak bisnis MLM dengan sistem online. Tapi yang jelas, bisnis MLM merupakan bisnis networking. Dengan artian mengandalkan jaringan member sebagai cara cepat sukses di bisnis MLM.

Lantas, produk apa saja yang dijual di MLM (Multi Level Marketing) ini? Cukup banyak produk yang dijual dengan sistem MLM. Mulai dari produk kesehatan, fashion, produk untuk ibu rumah tangga, hingga pulsa, listrik dan berbagai tiket layaknya bisnis Paytren Ustadz Yusuf Mansur yang berdiri di bawah bendera PT. VSI.

Peluang bisnis MLM terbaru

Lalu bagaimanakah peluang atau prospek bisnis MLM di tahun 2016 ini? Melihat banyaknya MLM baru yang bermunculan, saya rasa bisnis MLM ini memiliki prospek cerah. Namun anda perlu hati-hati, karena rata-rata perusahaan MLM mengklaim kalau bisnis MLMnya itu yang paling menjanjikan, terpercaya, terlaris, paling menguntungkan dan terbesar di dunia.

Di artikel ini saya tidak akan memberikan daftar MLM termudah ataupun terlaris, meski judul postingan ini “Peluang bisnis MLM terbaru saat ini“. Namun saya akan memberikan beberapa tips bagi anda mengenai ciri-ciri MLM yang baik. Dengan begitu anda tidak akan terjebak atau tertipu jika suatu saat ingin bergabung dengan bisnis MLM.

Ciri-ciri MLM yang baik :

  1. Memiliki badan hukum yang jelas

    Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, diperlukan adanya legalitas, dengan kata lain harus berbadan hukum yang jelas. Hal ini untuk mempertanggungjawabkan produk kepada konsumen maupun member.

    Agar tidak terjebak, sebaiknya bergabung dengan MLM berbentuk Perseroan Terbatas (PT), memiliki SIUPL dan tentunya NPWP.

  2. Memiliki sistem yang adil bagi seluruh member

    Mendengar kata MLM seringkali membuat kita terjebak dalam sebuah persepsi ketidakadilan antara downline dan upline. Dimana mereka yang masuk duluan pasti akan lebih sukses dari yang masuk belakangan. Jika anda menemui sistem MLM yang demikian, itu artinya bukan MLM yang baik.

    MLM yang baik menerapkan sistem yang adil bagi semua member. Tidak peduli dia masuk duluan atau belakangan, asalkan menerapkan cara menjalankan bisnis MLM yang baik, semua berhak sukses.

    Jadi tidak bisa seenaknya. Mentang-mentang sudah menjadi upline dan memiliki banyak downline, lalu bersantai-santai tidak mengembangkan jaringan, maka bisa saja si upline akan tertinggal dengan downlinenya yang rajin.

  3. Upline mau membantu downline

    Seringkali setelah downline bergabung, upline mengacuhkan dan meninggalkannya begitu saja, tidak membimbing downline untuk berkembang ke level-level selanjutnya. Dalam MLM yang baik, upline harus selalu membina downline agar mereka berkembang, dan selalu semangat menjalankan bisnis.

  4. Memiliki produk yang dijual

    Salah satu ciri yang membuat bisnis MLM tersebut layak diikuti adalah adanya produk yang dijual dalam perusahaan MLM tersebut. Jadi perusahaan tidak hanya menjual sistem, melainkan juga prouk.

    Jika ada bisnis MLM yang hanya menjual sistem tanpa ada produk, hati-hati! bisa jadi itu adalah money game. Perusahaan MLM yang baik juga bisa menjual produknya kepada orang lain yang bukan member mereka.

  5. Harga produk yang dijual masuk akal

    Setelah kita tahu produk yang dijual MLM tersebut, kita juga perlu mengetahui harganya. Jangan sampai harganya terlampaui tinggi dan tidak masuk akal. Hal tersebut merupakan salah satu ciri MLM yang tidak sehat.

    Karena bisa jadi harga produk yang terlampaui tinggi adalah suatu cara perusahaan MLM untuk menutupi berbagai macam biaya terhadap sistem yang mereka bangun. Pada bisnis MLM yang baik, penghasilan member bukanlah dari harga jual produk yang terlalu mahal, melainkan dari banyaknya jumlah pembeli produk karena mereka puas dengan kualitasnya.

  6. Adanya dukungan yang baik terhadap sistem

    Perusahaan MLM yang baik memiliki dukungan yang baik pula terhadap sistem yang mereka bangun. Dukungan ini bisa berupa offline maupun online. Jadi ketika member ada kesulitan, perusahaan siap mensupport mereka dengan memberi berbagai macam solusi.

Demikianlah, akhirnya selesai juga postingan saya mengenai peluang bisnis MLM terbaru. Ingat, sebelum anda memutuskan untuk join pada sebuah bisnis MLM, cek dulu kualitas perusahaan MLM tersebut dengan 6 kriteria di atas. Semoga bermanfaat :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis multi level marketing terbaru
  • prdk rmhh tngga penjualan sistem multi level
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Cara Mencari Uang Cepat Dari Dunia Bisnis | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Bisnis cepat kaya tersebut biasanya berupa money game, MLM yang tidak sehat, arisan berantai yang ujung-ujungnya malah merugikan anda. Baca : Ciri-ciri MLM yang baik dan sehat […]

    Reply
  2. Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] dan jasa secara online, membuat blog bisnis, afiliasi atau makelar online, jasa pembuatan website, MLM online  dan […]

    Reply
  3. Macam-macam Alternatif Penghasilan Tambahan | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Penghasilan anda berasal dari keuntungan jual beli barang yang anda lakukan, komisi dari jaringan penjualan yang anda bangun, dan royalti dari setiap jaringan yang mampu berdiri sendiri. Baca : Inilah peluang bisnis MLM terbaru […]

    Reply
  4. Les Vokal Dan Musik KBL Cetak Banyak Bintang | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] saat KBL mengadakan show di beberapa tempat maupun ketika ulang tahun KBL. Selain itu, layaknya member get meber, Feibe akan memberikan reward sebesar Rp. 100 ribu bagi para murid yang berhasil mengajak temannya […]

    Reply

Leave a reply "Peluang Bisnis MLM Terbaru Saat Ini"