Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Tanpa Modal

Peluang bisnis sampingan tanpa modal – Bekerja dan berusaha untuk mendapatkan penghasilan adalah kewajiban setiap manusia. Dari penghasilan tersebut, manusia dapat memenuhi berbagai macam kebutuhannya, mulai dari kebutuhan pokok, sekunder, hingga kebutuhan primer.

Tak hanya dilakukan oleh orang yang baru memulai bisnis, mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal pun banyak dilakukan oleh para karyawan, mahasiswa bahkan para ibu rumah tangga. Apakah bisnis sampingan memang bisa dimulai dengan tanpa modal?

Kalau tanpa modal uang sih bisa-bisa saja. Contohnya bisnis makelar mobil. Aldi seorang karyawan di perusahaan finansial baru saja bertemu teman lama di sebuah cafe. Dari obrolan mereka, si teman lama meminta Aldi untuk ikut menjualkan salah satu mobil dari kelima mobilnya. Jika Aldi berhasil, maka ia mendapatkan sejumlah komisi dari si teman tersebut.

Aldi pun menyanggupinya, toh sifatnya tidak memaksa. Kalau mau ya tawarkan, kalau tidak ya nggak masalah. Aldi pun menceritakan mobil teman lamanya yang dijual tersebut ke teman-teman sekantor. Dari situ ada 3 teman kantor Aldi yang tertarik untuk bertemu dan melihat langsung mobil yang dijual.

Usaha yang dilakukan Aldi untuk menawarkan mobil ke teman-teman kantor tersebut termasuk usaha sampingan. Dan bisa dibilang tanpa modal uang, karena Aldi hanya bercerita ke teman-teman kantor. Namun tetap saja membutuhkan modal bicara dan juga berfikir. Jadi tidak bisa murni tanpa modal, hehe ๐Ÿ˜€

Ilustrasi di atas adalah sekelumit contoh dari peluang bisnis sampingan tanpa modal yang bisa dikerjakan karyawan. Tak hanya karyawan, ibu rumah tangga dan mahasiswa pun bisa mendapatkan peluang bisnis sampingan tanpa modal.

peluang bisnis sampingan tanpa modal

Mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal / gambar via howng.com

Dalam mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memudahkan hal tersebut.

Tips sukses mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal :

  1. Hobi

    Semua orang pasti memiliki hobi, dan sebagian besar hobi tersebut bisa dijadikan bisnis sampingan. Sebagai contoh seorang karyawan yang memiliki hobi memelihara burung love birds. Daripada hanya dinikmati sendiri, bisa ditularkan ke orang lain. Dalam hal ini maksudnya beternak love birds.

    Burung mungil dengan bulunya yang berwarna-warni ini memiliki harga jual hingga jutaan rupiah. Selain keindahan warnanya, love birds juga disenangi karena kicauannya. Anda bisa membaca artikel mengenai burung love birds di sini.

    Bagi mahasiswa, mungkin ada yang suka memelihara kucing hias, entah kucing anggora, persia dan sebagainya. Nah, itu juga bisa dijadikan bisnis sampingan. Ternakkanlah kucing hias tersebut dan kemudian tawarkan ke teman-teman kampus.

    Hobi memasak seringkali dimiliki ibu rumah tangga, entah itu memasak makanan, membuat kue atau aneka cemilan. Cobalah untuk mengembangkan hobi tersebut dan buatlah menjadi sebuah usaha sampingan.

    Intinya kita harus jeli dengan hobi yang kita miliki. Jangan suka menyepelekan hobi, karena dari hobi, peluang bisnis sampingan tanpa modal bisa diraih.

  2. Perencanaan yang matang

    Perencanaan dalam bisnis sangatlah perlu dilakukan. Ini bisa menjadi visi misi anda dalam memulai bisnis. Tulis visi misi tersebut pada secarik kertas. Kemudian tempel di tempat yang selalu anda lihat, misalnya di atas meja kerja.

    Jadi setelah anda menemukan peluang bisnis sampingan tanpa modal dari hobi, silakan buat perencanaan. Kira-kira hobi ini bisa menghasilkan atau tidak, bagaimana cara memulai usahanya, dan apa saja yang ingin anda capai dari bisnis tersebut.

    Sebaiknya buat perencanaan jangka pendek terlebih dulu. Kemudian evaluasi hasil dari perancangan jangka pendek yang anda susun. Dari situ anda akan tahu hal apa lagi yang harus dilakukan untuk usaha anda ke depannya.

  3. Hindari kebiasaan menunda-nunda

    Kebiasaan menunda-nunda memang penyakit yang harus kita hilangkan, apalagi dalam dunia bisnis. Sebab di dunia bisnis, berlaku aturan time is money. Seperti diketahui, kultur masyarakat Indonesia sangat kental dengan kebiasaan menunda-nunda dan jam karet.

    Tak dipungkiri, saya pun melakukan hal itu ๐Ÿ˜€ Namun kini saya selalu belajar dan berusaha menghilangkan kebiasaan buruk tersebut :)

    Jadi setelah perencanaan disusun, segera eksekusi! Segera lakukan apa yang sudah anda rencanakan. Tidak ada kata nanti, besok apalagi lusa. Kerjakan sekarang dan mulailah dengan semangat!

  4. Hargailah pengalaman

    Penghargaan terhadap pengalaman bisa dilakukan dengan cara mempelajarinya. Memang benar kata pepatah jika pengalaman adalah guru yang terbaik. Setelah anda berhasil mewujudkan usaha sampingan tersebut, tentu banyak pengalaman yang anda dapat, entah itu pengalaman menyenangkan, ataupun sebaliknya.

    Belajarlah dari pengalaman buruk untuk bekal kesuksesan di masa depan. Jadikan pengalaman menyenangkan sebagai semangat dalam mempercepat kesuksesan :)

  5. Belajar dari kesuksesan orang lain

    Selain pengalaman, kesuksesan orang lain juga bisa menjadi guru tak langsung dalam upaya mencari peluang usaha sampingan tanpa modal. Kita bisa mengamati, bertanya, bahkan meniru cara sukses mereka. Hal ini tentu dilakukan dengan cara-cara yang baik.

    Orang yang sukses pasti mau berbagi pengalaman pada orang lain. Sebab dia dulunya juga pernah berada di posisi sebagai pemula dalam usaha menemukan sebuah peluang bisnis. Manfaatkanlah kesempatan ini.

Demikianlah 5 tips yang bisa anda lakukan dalam mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan inspirasi bagi anda :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Modal yang anda butuhkan mungkin modul jika anda belum punya. Selain itu juga promosi ke sekolah-sekolah dengan brosur, BBM, ataupun promo online dengan facebook, twitter dan instagram. Baca : Kiat mencari bisnis sampingan tanpa modal […]

    Reply
  2. Peluang Ide Bisnis Tanpa Modal Menguntungkan | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Selain itu, bisnis baju online juga merupakan bisnis online tanpa biaya. Dikarenakan Anda dapat menjadi reseller atau dropshipper dari sebuah toko baju. Dengan begitu, tanpa harus memiliki usaha sendiri pun, Anda bisa melakukan bisnis. Baca : Cara mencari peluang bisnis sampingan tanpa modal […]

    Reply

Leave a reply "Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Tanpa Modal"