Pentingnya Membangun Jaringan Bisnis Anda

No comment 1606 views

Membangun jaringan bisnis – Mendengar kata jaringan bisnis atau business networking, mungkin anda langsung teringat dengan MLM (Multi Level Marketing). Memang dalam bisnis MLM seringkali identik dengan membangun jaringan, karena memang model bisnisnya seperti itu.

Namun jangan salah, membangun jaringan bisnis ternyata tak hanya untuk bisnis MLM saja. Dalam bisnis apapun juga membutuhkan adanya sebuah jaringan yang menguntungkan. Mungkin selama ini anda tidak sadar telah membangun jaringan bisnis. Misalnya ketika nongkrong bareng teman, anda menceritakan kesibukan yang sedang anda kerjakan dalam mengembangkan bisnis konter hp sekaligus servisnya. Itu sudah termasuk membangun jaringan bisnis.

membangun jaringan bisnis

Membangun jaringan bisnis / gambar via raleighbusinessconnections.com

Sebab dari situ, sangat dimungkinkan anda akan mendapatkan pelanggan atas dasar rekomendasi teman nongkrong anda tadi. Jika si pelanggan puas dengan pelayanan jasa anda, bisa jadi dia juga akan menceritakan pengalamannya tersebut kepada temannya yang lain, dan potensi penambahan jaringan pelanggan pun akan semakin meningkat.

Pentingnya membangun jaringan bisnis

Membangun jaringan merupakan salah satu karakteristik orang-orang sukses. Meski terlihat telah memiliki banyak jaringan, mereka tetap terus menerus mengembangkannya. Hal ini karena mereka tahu jika semakin banyak mereka mengenal orang, dan orang-orang juga mengenal mereka, maka semakin banyak peluang dan kesempatan yang dimiliki.

Memiliki jaringan yang luas sangat penting untuk membantu anda meraih target-target besar yang anda tentukan di masa depan. Jika anda memiliki sejumlah impian besar yang ingin anda capai pada bisnis anda, maka kekuatan sebuah jaringan bisnis adalah pilihan yang cocok.

Saking pentingnya dalam membangun jaringan bisnis, muncul istilah yang dikenal dengan, No Networking = Not Working. Dengan artian, tanpa jaringan anda akan kesulitan dalam meraih keberhasilan. Karena beberapa orang yang ada dalam jaringan anda berpotensi mendatangkan keuntungan untuk anda.

Fakta pentingnya sebuah jaringan

  1. Referensi dari sebuah pertemanan menghasilkan 80% keberhasilan dibandingkan sebuah telepon yang dilakukan secara acak.
  2. Sekitar 70% dari pekerjaan diperolah dengan perantara jaringan.
  3. Siapa saja orang yang ingin anda jumpai atau hubungi, hanya berjarak sekitar 6 orang dari posisi anda.

Beberapa tempat untuk memperluas jaringan

  1. Kegiatan keagamaan
  2. Perkumpulan hobi
  3. Klub bisnis
  4. Klub olahraga
  5. Arisan
  6. Karang taruna
  7. Pesta
  8. Media sosial

Intinya, untuk memperluas jaringan, anda harus lebih banyak mengenal orang baru. Anda perlu keluar rumah dan menemui lebih banyak orang lagi. Semakin banyak orang yang mengenal anda secara positif, semakin besar kesempatan anda untuk mengenal orang-orang yang tepat, pada saat yang tepat dan dengan alasan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan.

Orang-orang yang anda kenal dan mengenal anda memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan yang anda impikan. Yang perlu selalu diingat, bahwa tak ada seorang pun yang mampu mencapai kesuksesan di dunia ini karena hasil kerjanya sendiri.

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • jaringan bisnis
  • jaringan usaha
  • pentingnya jaringan usaha dalam pengembangan usaha
  • membangun jaringan bisnis
  • pentingnya jaringan usaha dalam mengembangkan usaha
  • jaringab bisnis
  • pentingnya membentuk jaringan bisnis
  • mengapa jaringan networking sangat diperlukan dalam mengembangkan ide usaha
  • pengaruh jaringan dalam usaha
  • mengapa jaringan networking sangat penting diperlukan dalam mengembangkan sebuah ide usaha
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Pentingnya Membangun Jaringan Bisnis Anda"