Perawatan Budidaya Durian Unggulan

No comment 1803 views

Perawatan budidaya durian unggulan – Setelah mengetahui syarat tumbuhnya, model tanah seperti apa yang cocok untuk pohon durian unggulan, kemudian juga ciri-ciri bibit yang sehat, sampai teknik pembibitan duriannya, sebagai orang yang benar-benar serius ingin menekuni agribisnis durian ini, anda juga perlu tahu cara merawatnya.

Karena seringkali menanam ataupun membuat bibit yang unggul untuk durian terasa mudah, tapi justru merawatnya yang cukup sulit. Agar sempurna wawasan anda mengenai durian unggulan, berikut teknik perawatan yang perlu diterapkan dalam budidaya durian unggulan.

Perawatan budidaya durian unggulan

durian yang dirawat dengan benar akan menghasilkan buah yang sehat / pulsk.com

Perawatan budidaya durian unggulan :

  1. Setiap satu bulan sekali, berikan pupuk kimia NPK mutiara dengan takaran 3 gram dicampur 1 liter air untuk 4 batang bibit.
  2. Lakukan penyiraman sehari sekali. Usahakan kondisi tanah jangan sampai kering dan juga jangan terlalu basah karena bisa menyebabkan pembusukan pada akar. Busuknya akar ini dipicu oleh penggunaan kompos dalam media tanam yang diaduk rata dengan tanah.
  3. Jika ingin dipindahkan pada media tanah langsung, lakukan penjarangan dengan jarak tanam 12 x 12 meter. Hal ini dilakukan agar ketika pohon berusia 8 tahun, dahannya tidak saling berbenturan.
  4. Isi tanaman penyela pada ruas yang dijarangkan sebagai salah satu upaya tumpang sari, bisa berupa sayuran atau kacang-kacangan sehingga lahan tidak mati.
  5. Penyakit yang sering menyerang adalah kutu putih. Penyakit ini menyerang daun dan biasanya datang pada musim pancaroba. Jika didiamkan, akan menetaskan ulat yang dapat menggerogoti daun. Cara mengatasinya dengan menyemprotkan insektisidan kurakon atau matador dengan takaran 3 mili liter dicampur 1 liter air.
  6. Lakukan pemangkasan terhadap daun-daun kering.
  7. Pohon durian sudah mampu berbuah sejak usia 5 tahun jika perawatan dilakukan secara intensif dengan pemberian pupuk yang berkelanjutan. Tanda-tanda pohon akan berbuah adalah munculnya calon bungan pada batang, calon bunga ini muncul setelah musim kemarau. Sejak kemunculan calon bunga tersebut, durian akan siap dipanen 130 hari kemudian.

Itulah beberapa tahapan dan cara perawatan budidaya durian unggulan. Meski terlihat agak ribet, namun percayalah, dengan perawatan yang baik, durian anda akan tumbuh maksimal sesuai harapan. Dan yang pastinya panen durian pun melimpah :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • buah durian terbesar di dunia
  • durian besar di dunia
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Perawatan Budidaya Durian Unggulan"