Perhitungan Usaha Ternak Lovebird

1 comment 21033 views

Perhitungan usaha ternak lovebird – Burung hias memang memiliki daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya. Salah satu burung hias yang kini sedang tren adalah lovebird. Tak hanya warna bulunya yang memukau, kicauan burung mungil ini juga menggemaskan. Hal inilah yang menjadikan burung cinta ini berharga sangat mahal.

perhitungan usaha ternak lovebird

perhitungan usaha ternak lovebird gambar via businessreviewaustralia.com

Cara memelihara burung lovebird yang cukup sederhana serta tidak bermodal besar, sementara permintaannya yang terus meningkat, membuat burung hias ini sangat berprospek.  Bagi anda yang berminat merintis usaha ternak lovebird, anda bisa melihat gambaran modal yang dibutuhkan di bawah ini.

Perhitungan usaha ternak lovebird

Barang Modal : Rp. 8.500.000
Dua pasangan indukan  : Rp. 6.000.000
Kandang besi 3 unit  : Rp. 2.000.000
Peralatan  : Rp.    500.000
 

Biaya operasional 2 bulan

: Rp.   375.000
Pakan indukan 4 kg : Rp.     100.000
Pakan anakan : Rp.     100.000
Sayuran : Rp.       25.000
Obat dan vitamin : Rp.     100.000
Lain-lain : Rp.       50.000

Karena masih pemula, kita belum perlu mempekerjakan orang lain. Dua pasang indukan masih bisa dihandle sendiri.

Dari perhitungan usaha ternak lovebird di atas, modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ternak lovebird skala kecil adalah sebesar Rp. 8.500.000. Jika tiap bulan dari sepasang indukan menghasilkan 3 anakan, maka dari 2 pasang indukan bisa dijual 6 ekor anakan setelah bisa makan sendiri, yaitu sekitar umur 2 bulan, dengan harga Rp. 600.000/ekor.

Proyeksi keuntungannya adalah sebagai berikut :

Omset Rp. 600.000 x 6 ekor                           Rp. 3.600.000
Biaya operasional per 2 bulan                      Rp.     375.000
Keuntungan bersih (90%)                                Rp. 3.225.000

Balik modal bisa terjadi setelah 2 bulan.

Bagaimana, cukup menggiurkan bukan? Bagi anda yang malas keluar rumah untuk berbisnis dan ingin memiliki bisnis rumahan, usaha ternak lovebird ini patut anda pertimbangkan. Burung yang kecil, mungil namun berbulu indah dan bersuara merdu ini bisa menjadi pelepas penat.

Kalau toh belum laku, burung lovebird bisa dijadikan peliharaan yang dapat menyenangkan pemiliknya. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin memiliki peliharaan hewan jinak. Kalau anda belum pede untuk membuka usaha ternak lovebird, anda bisa melihat-lihat dulu di sekitar anda tentang kiprah burung cinta ini.

Jika sekitar anda memiliki antusias yang cukup tinggi akan kepemilikan burung lovebird, maka peluang pasar anda sudah tercipta, anda tinggal menggiringnya ke lapak lovebird yang anda kelola. Namun jika ternyata masyarakat sekitar masih awam dengan burung cinta ini, itupun tak jadi masalah. Anda bisa mulai mengedukasi mereka tentang indahnya memiliki burung lovebird.

Demikianlah sedikit ulasan dari saya mengenai perhitungan usaha ternak lovebird. Semoga dengan adanya proyeksi perhitungan ini, akan membuat anda semakin berani memulai usaha, terutama di bidang ternak lovebird.

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • modal awal ternak lovebird
  • modal ternak lovebird
  • analisa ternak lovebird
  • estimasi biaya ternak lovebird
  • kalkulasi ternak lovebird
  • analisa usaha ternak lovebird
  • keuntungan ternak lovebird
  • perhitungan ternak lovebird
  • biaya ternak lovebird
  • analisa keuntungan ternak lovebird
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Tanpa Modal | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Burung mungil dengan bulunya yang berwarna-warni ini memiliki harga jual hingga jutaan rupiah. Selain keindahan warnanya, love birds juga disenangi karena kicauannya. Anda bisa membaca artikel mengenai burung love birds di sini. […]

    Reply

Leave a reply "Perhitungan Usaha Ternak Lovebird"