Pusat Furnitur di Condong Catur dan Imogiri Yogyakarta

Pembahasan tentang pusat furnitur di Jakarta sepertinya sudah cukup, sekarang saatnya kita bahas mengenai sentra furnitur di Jogjakarta. Ngomongi kerajinan produk furnitur Jogja, keberadaannya tersebar di beberapa titik, mulai dari Condong Catur – Depok Sleman Yogyakarta dan kawasan Jl. Imogiri Bantul.

Pusat furnitur di daerah Condong Catur terletak di bilangan Jalan Ring Road Utara. Ancer-ancer atau petunjuk jalannya, jika dari arah BAndara Adisucipto tinggal lurus ke arah pertigaan Maguwoharjo. Setelah itu belok kanan masuk Jalan Ringroad sekitar 2 km.

Kalau dari arah Jalan Magelang hanya perlu belok kiri di perempatan Jl. Magelang atau perempatan terminal Jombor, selanjutnya tinggal lurus 2 km. Di kawasan Ringroad Utara ini setidaknya ada 30 pelaku usaha mebel yang telah berdiri sejak 12 tahun yang lalu.

Produk Furnitur Jogja

Produk mebel yang rata-rata dipasarkan di daerah Condong Catur ini merupakan produk yang banyak dicari mahasiswa, seperti meja belajar, meja tv, lemari, kursi, hingga rak buku. Untuk harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp. 50rb untuk meja ukuran kecil, hingga Rp. 250rb untuk lemari ukuran standar.

Salah satu produk furnitur Jogja dari Jl. Imogiri Bantul Jogja / Unikat Furniture Yogyakarta

Salah satu furnitur dari Jl. Imogiri Bantul Jogja / Unikat Furniture Yogyakarta / hotfrog.co.id

Jika di kawasan Condong Catur segmen pasarnya adalah para mahasiswa, lain halnya dengan di kawasan Jl. Imogiri Bantul. Di sini pangsa pasarnya lebih luas lagi. Produk mebel yang dipasarkan juga lebih banyak macamnya, mulai dari lemari besar dua pintu, tempat tidur, aneka gespar bupet/rak tv, almari dapur, kursi, gazebo, hingga berbagai macam daun pintu dan jendela.

Untuk harganya pun sangat beragam, mulai dari Rp. 300rb sampai Rp. 10 juta. Misal untuk lemari 2 pintu ukuran 1,5 m x 2 m dengan bahan kayu jati ditawarkan Rp. 3,5 juta, kemudian lemari geser dari kayu jati ditawarkan Rp. 3,5 juta – Rp. 4 juta, dipan single bed bahan kayu jati diberandol Rp. 800rb, dipan double people kayu jati dipatok Rp. 2 juta, gazebo full set kayu jati dipatok Rp. 8 juta dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahan baku

Bahan baku yang digunakan cukup beragam, menyesuaikan pesanan, namun yang paling banyak digunakan baik di Condong Catur maupun Jl. Imogiri Bantul adalah kayu mahoni, sengon dan jati. Bahan baku kayu ini selain didatangkan dari daerah sekitar Yogyakarta seperti Wonosari dan Cangkringan, juga didatangkan dari daerah lainnya seperti Blora, Purwodadi, Madiun dan Solo.

Pemasaran

Untuk mempercepat perputaran modal, biasanya para pengrajin bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha sejenis, baik yang di daerah sekitar Jogja maupun luar Jogja dengan sistem titik jual atau konsinyasi. Selain itu ada juga yang ditawarkan secara kredit dengan uang muka antara 10% hingga 50%.

Sejauh ini cara yang efektif agar bisnis tetap berputar adalah dengan sistem kredit dan juga referal dari beberapa pelanggan. Tak hanya itu saja, media internet juga sudah dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menjaring pelanggannya. Terbukti dengan adanya para pelanggan yang datang dari luar Jogja, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Sumatera hingga Kalimantan.

Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • mebel jati jogja
  • harga dipan kayu jogja
  • beli meja murah jogja
  • pusat kayu jati jogja lemari
  • harga meja kecil untuk belajar di jogja
  • kursi kayu jogja
  • kerajinan kayu jogja
  • dipan catur
  • daftar harga meja belajar beserta almari area jogja
  • buat dipan rak kalasan sleman kredit
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Pusat Furnitur Jepara Jawa Tengah | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] pusat furnitur di Indonesia. Setelah kemarin sentra furnitur di dominasi dari daerah Jakarta dan Yogyakarta, kini saatnya mengulas mengenai pusat furnitur di Jawa Tengah, tepatnya di […]

    Reply

Leave a reply "Pusat Furnitur di Condong Catur dan Imogiri Yogyakarta"