Strategi Pemasaran Sampo Mobil, Sampo Motor

Strategi pemasaran sampo mobil – Seringkali seseorang yang berkecimpung di penjualan produk pembersih, ingin langsung menjual banyak produk dalam waktu yang bersamaan. Misal ingin jualan sampo mobil dan sampo motor dibarengi dengan sabun cuci piring. Sebetulnya masih satu segmen, yaitu produk pembersih, tapi kalau semuanya langsung diborong dalam sekali waktu, bisa-bisa tidak fokus.

Terlebih pelaku usaha distributor maupun pembuat sampo mobil, sampo motor sampai sabun cuci piring sudah cukup banyak. Untuk itu diperlukan strategi penjualan khusus agar produk yang anda jual dikenal masyarakat sehingga dan akhirnya meningkatkan omset bisnis anda.

strategi pemasaran sampo mobil

usaha cuci mobil / myspinny.com

Strategi pemasaran sampo mobil

  1. Fokus pada produk tertentu

    Jika anda ingin langsung merenteng banyak produk kebersihan dalam sekali jalan, sebaiknya tunda dulu niatan itu. Lebih baik fokus dulu dengan produk sampo mobil dan motor. Hal ini bertujuan agar lebih fokus pada target market anda.

    Karakter pembeli sampo mobil ataupun sampo motor berbeda dengan pembeli sabun cuci piring. Anda tetap boleh menjalankan usaha sabun cuci piring bersamaan dengan sampo mobil jika anda memiliki banyak tim penjualan yang berbeda. Atau anda bisa menjalankan usaha sabun cuci piring setelah usaha sampo mobil berjalan dengan baik.

  2. Tentukan harga jual secara tepat

    Penentuan harga merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan. Harga yang anda tawarkan tidak boleh lebih mahal dari kompetitor.

  3. B to B atau B to C

    Anda harus memutuskan model usaha yang anda jalani, apakah B to B atau B to C. B to B (Business to business) artinya anda menjual produk ke pemilik bisnis lain. Misal menjual sampo mobil ke pemilik cucian mobil atau motor.

    Sedangkan B to C (Business to Consumen), berarti anda menjual langsung produk ke konsumen. Hal ini perlu dibedakan karena masing-masing tipe memiliki cara penanganan yang berbeda. Misal untuk model B to B, anda bisa memberi kelonggaran pembayaran kepada rekan bisnis anda.

  4. Iklan

    Tak hanya iklan secara offline di koran atau radio, anda juga harus aktif memberitahukan bisnis anda di media online, mulai dari facebook, twitter, website, dsb. Selain itu anda juga bisa membuat brosur yang dibagikan kepada banyak orang.

  5. Menjadi sponsor

    Anda juga bisa menjadi sponsor sebuah acara tertentu, misal cuci mobil atau motor gratis. Dalam acara tersebut anda bisa memasang spanduk sekaligus membagikan brosur tentang produk sampo mobil dan sampo motor anda

  6. Pelayanan terbaik

    Pelayanan terbaik bukan sebatas senyuman ramah kepada pelanggan, namun bisa juga dengan mengedukasi pelanggan. Misalnya tentang teknik mencuci mobil/motor yang benar agar cat tetap berkilau. Pelayanan lainnya adalah dengan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menghubungi anda.

Itulah beberapa strategi pemasaran sampo mobil dan sampo motor yang baik. Silakan dipahami lalu dipraktekkan agar segera dapat menuai hasilnya. Selamat mencoba :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • Contoh peluang bisnis pada shampo
  • peluang usaha shampo mobil
  • inspirasi produk sampo motor
  • iklan produk sabun cair home industri
  • Contoh siswa smk yang sedang peraktek memasarkan produk sabun bagaimana caranya dan bicaranya
  • cara oplos sampo kit mobil dg bahan lain agar lebih banyak
  • cara memasarkan produk shampo
  • buatlah strategi untuk bahan shampo
  • bisnis shampoo mobil
  • bisnis jual sampo mobil
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Strategi Pemasaran Sampo Mobil, Sampo Motor"