Syarat Tumbuh Pohon Durian

3 comments 3690 views

Syarat tumbuh pohon durian – Usaha agribisnis di Indonesia memang menguntungkan, tanah yang subur serta cuaca yang mendukung adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perkebunan agribisnis di negeri ini. Salah satu tanaman agribisnis yang cocok dan sangat berpotensi di Indonesia adalah durian.

Durian menjadi buah-buahan yang tak ada matinya di Indonesia. Pasar durian begitu luas dan penyuka durian pun banyak. Terlebih buah tropis ini memiliki beberapa varietas unggulan di Indonesia. Diantaranya jenis Musang king, Matahari dan Pelangi.

syarat tumbuh pohon durian

Pohon durian mereh Banyuwangi / banyuwangibagus.com

Sebelum membahas inti topik postingan ini yaitu mengenai syarat tumbuh pohon durian, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis durian varietas unggulan yang ada di Indonesia terlebih dulu.

Jenis-jenis durian unggulan :

  1. Durian Matahari
    Disebut matahari karena warna durian ini bersinar bagaikan matahari. Bentuknya bulat panjang dengan warna kulit hijau kecokelatan. Memiliki duri besar-besar jarang dan runcing agak bengkok.
  2. Durian Musang king
    Awalnya durian ini berasal dari Kelantan, Malaysia. Durian jenis ini memiliki daging buah berwarna kuning seperti durian pada umumnya. Bentuk durian ini bulat dan ukurannya hampir menyamai durian matahari. Cita rasanya pahit. Daun bibitnya memanjang dan biji buahnya tidak terlalu besar.
  3. Durian Pelangi
    Tak seperti durian pada umumnya, daging buah durian ini tidak sama rata dengan warna kemerahan. Asal mula durian pelangi adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Bentuk buahnya bulat kecil dengan warna kulit kuning. Cita rasanya manis serta berbiji kecil. Dan uniknya, ketika masak, aroma tidak terlalu tajam. Bagi orang yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang bikin pusing, mungkin bisa mencoba mencicipi durian pelangi ini.

Syarat tumbuh pohon durian

  1. Tanaman durian akan tumbuh secara optimal pada daerah tropis
  2. Ketinggian lahan mulai dari 50-1000 mdpl
  3. Memiliki intensitas cahaya matahari 40-50%
  4. Curah hujan antara 1500-2500 mm per tahun
  5. Suhu rata-rata 25-32 derajat celcius
  6. Daerah kebun memiliki bulan basah selama 7-9 bulan
  7. Jenis tanah merah atau latosol serta memiliki kandungan bahan organik
  8. Hindari penggunaan tanah liat karena ketika musim hujan proses pengeringannya terlalu lama
  9. Kemiringan tanah tidak lebih dari 35 derajat. Jika tanahnya miring, perlu dibuatkan terasering untuk mencegah erosi
  10. Kedalaman air tanah sekitar 50-300 cm
  11. Memiliki pH tanah sekitar 6,0 – 7,0. Jika kurang dari itu, kapur dolomit dapat digunakan untuk menetralkannya

Untuk melengkapi tulisan ini, saya akan menambahkan ciri bibit sehat yang tentu saja sangat bermanfaat dalam pemilihan bibit sebelum menanam durian. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bibit varietas unggul yang telah disahkan departemen pertanian. Selain itu juga pilihlah bibit sesuai dengan iklim.

Ciri-ciri bibit durian sehat  :

  1. Memiliki daun cukup banyak
  2. Barangnya kokoh dan percabangannya 2-4 arah
  3. Terlihat segar
  4. Daun tidak layu dan tidak terdapat bercak putih atau hitam pada daun
  5. Batangnya kokoh dan memiliki percabangan 2-4 arah
  6. Pada batang terlihat adanya perkembangan tunas baru

Nah, itulah beberapa syarat tumbuh pohon durian dan artikel pendukungnya mulai dari jenis-jenis bibit sampai ciri-ciri bibit durian yang sehat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • pohon durian
  • pohon durian matahari
  • jenis pohon durian
  • tanaman durian
  • jenis jenis durian unggul
  • duren musang king syarat tumbuh
  • tempat tumbuh durian musang king
  • durian matahari malaisia
  • macam pohon durian
  • menanam durian ditanah gersang
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Perawatan Budidaya Durian Unggulan | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] budidaya durian unggulan – Setelah mengetahui syarat tumbuhnya, model tanah seperti apa yang cocok untuk pohon durian unggulan, kemudian juga ciri-ciri bibit yang […]

    Reply
  2. author

    Pecinta Wisata2 years ago

    Bagaimana cara menanam durian tapi di tanah yang gersang? saya punya lahan kosong pengen di tanam durian tapi tanahnya Gersang, dan suhu cuaca panas.

    Reply
    • author
      Author

      Peluang Usaha Terbaru2 years ago

      Cuaca memang menjadi salah satu penyebab tanah menjadi gersang, kering dan tandus. Ada banyak cara untuk menyuburkan tanah. Cara-cara tersebut terbagi dalam 3 metode, yaitu metode pendekatan mekanik, non biologis dan biologis.

      **Metode pendekatan mekanik**
      1. Menyiram dengan air
      Tanah yang kering tentu saja kekurangan air. Jika cuaca kurang mendukung, dapat dilakukan penyiraman buatan. Salurkan air dengan pemancar agar persebarannya dapat merata.

      2. Membajak lahan
      Cara membajak lahan bisa dilakukan dengan cangkul, kerbau, hingga traktor. Pembajakan lahan berfungsi untuk membolak-balikan tanah.

      Tanah yang dibajak akan terangkat dan menjadi gembur, sehingga struktur tanah menjadi berongga yang menyebabkan organisme penyubur tanah seperti cacaing dapat hidup di dalamnya.

      Pada struktur tanah yang berongga, akar tanaman juga dapat lebih mudah mendapatkan oksigen.

      **Metode pendekatan non biologis**
      1. Menambahkan pupuk kimia
      Kurangnya materi pokok dalam tanah seperti nitrogen, fosfor dan kalium akan membuat tanah menjadi gersang.

      Beberapa pupuk kimia yang sering digunakan untuk memenuhi materi pokok dalam tanah tersebut adalah NPK, ZA, dan Urea.

      2. Menambahkan mineral
      Selain kurannya materi pokok di atas, tanah gersang juga disebabkan kurangnya mineral yang terkandung di dalamnya. Beberapa mineral tersebut adalah Klorin, tembaga, boron, kobalt, mangan, besi, magnesium, beleran, dan seng.

      Penambahan mineral-mineral tersebut dalam tanah bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa batuan ke lapisan atmosfer tanah.

      3. Mengatur pH tanah
      pH atau tingkat keasaman juga diperlukan dalam menyuburkan tanah. Sesuai syarat tumbuh durian di atas, pH tanah yang diperlukan yaitu antara 6,0 – 7,0. Jika pH tanah kurang dari angka ideal tersebut, dapat ditambah batuan kapur.

      Sebaliknya, jika terlalu asam atau lebih dari angka ideal di atas, maka dapat diturunkan dengan ion hidronium. Untuk mengukur pH tanah dapat digunakan kertas lakmus.

      **Metode pendekatan bilogis**
      1. Memberi lamun
      Lamun adalah rumput laut. Lamun mengandung mineral yang merupakan unsur hara penting bagi tanah.

      2. Memberi kascing
      Kascing adalah kotoran cacing. Kascing merupakan materi organik yang cepat diserap oleh tanah. Selain memberi materi organik untuk tanah berupa kascing, cacing-cacing juga turut membentuk struktur tanah secara mekanik, serta mempercepat penyerapan nutrisi ke dalam tanah.

      3. Memberi pupuk kandang
      Pupuk kandang berasal dari kotoran ternak. Pupuk ini banyak mengandung nitrogen, fosfor dan kalium setelah melalui proses pematangan dan fermentasi.

      Pupuk kandang mudah diserap oleh tanah. Pupuk ini mengandung mikroba aktif yang akan memperbaiki kondisi tanah.

      Silakan anda pilih cara-cara di atas sesuai kebutuhan. Mungkin bisa coba dengan metode pendekatan mekanik dulu, jika masih belum subur, bisa ditambah dengan metode lainnya.

      Semoga sukses :)

      Reply

Leave a reply "Syarat Tumbuh Pohon Durian"