Teknik Pembibitan Durian Unggul

No comment 1320 views

Teknik pembibitan durian unggul – Untuk menghasilkan durian unggulan, perlu diterapkan suatu teknik khusus. Tekniknya cukup mudah, namun harus diperhatikan benar-benar langkah demi langkah. Terapkan secara bertahap agar hasilnya sempurna. Dalam pembibitan, sebaiknya gunakan polybag plastik sebagai wadah. Untuk bibit baru bisa menggunakan polybag ukuran 20 cm.

Dalam membuat media tanam pertama, tuangkan tanah (top soil) ke permukaan polybag. Kemudian masukkan bibit, tuangkan kembali tanah hingga akar bibit tertutup dan terakhir berilah pupuk kandang dari kotoran kambing sebanyak 1 genggam.

Sebelumnya siapkan dulu tunas durian matahari dan bibit durian non unggulan. Tunas durian matahari ini akan dijadikan batang atas. Sedangkan batang bawahnya diambil dari bibit durian non unggulan dengan perakaran yang lebih baik dan kuat. Kemudian siapkan juga peralatan yang terdiri dari : silet, gunting stek, pisau cutter, plastik es bening dan tali plastik.

teknik pembibitan durian unggul

Bibit durian unggul pb tunas muda / pbtunasmuda.indonetwork.net

Langkah-langkah teknik pembibitan durian unggul :

  1. Untuk mendapatkan batang bawah yang berupa durian non unggulan, anda harus menanam bijinya dulu. Pastikan biji durian berwarna cokelat, karena hal ini menandakan bahwa biji sudah tua. Selain itu juga pilih biji dengan tampilan fisik yang besar, karena kandungan nutrisinya bagus.
  2. Setelah 5 bulan kemudian tumbuh setinggi 50 cm. Jika dirasa terlalu lama, untuk mendapatkan bagian bawah tersebut, anda bisa membeli batang bawah yang sudah tersedia di pasaran.
  3. Pilih batang bawah dengan ciri sehat dan fit. Ambil batang bawah setinggi 30 cm dari permukaan tanah.
  4. Kupas tipis kulit batang bawah menggunakan silet pada bagian tengah. Sisakan 4-6 helai daun di bagian atas batang yang dikupas.
  5. Setelah itu ambil bagian batang atas (entres) yang berupa durian matahari. Ambil dengan cara disilet bagian mata yang memiliki calon bunga. Panjang entres kira-kira sekitar 2-4 cm.
  6. Usai entres (bagian atas) diambil, tempelkan pada bagian bawah yang berupa durian non unggulan tadi. Usahakan bagian atas dan bawah ini menempel secara sempurna. Kambium harus pas, kulit dalam harus bertemu dengan kulit dalam.
  7. Kemudian balut dengan plastik es kiloan secara rapat.
  8. Letakkan bibit di tempat teduh agar tidak tersengat sinar matahari.
  9. Pantau terus perkembangannya. Sekitar 3 minggu sampai 1 bulan, jika berhasil sambungan akan berwarna hijau ditandai dengan tumbuhnya tunas baru dan berwarna hitam jika gagal.
  10. Jika benar-benar sudah tersambung, plastik pembungkusnya bisa dilepas.
  11. Lakukan pemangkasan pada batang yang bukan berasal dari entres.
  12. Dengan tingkat keberhasilan 80 persen, bibit durian matahari sudah siap dijual di usia dua bulan atau sudah memiliki tinggi 50 cm sampai 60 cm.

Demikianlah teknik pembibitan durian unggul ala Syahril yang saya kutip dari Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • cara pembibitan durian
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Teknik Pembibitan Durian Unggul"