Tips Sukses Menjalankan Bisnis Eduwisata

1 comment 549 views

Setelah kemarin saya sempat menuliskan tips memulai usaha eduwisata, kini saatnya saya melengkapi sekuel artikel mengenai bisnis eduwisata ini dengan tips sukses menjalankan bisnis eduwisata. Tips menjalankan usaha dengan tips dalam memulainya tentu berbeda. Apa saja perbedaannya?

tips sukses menjalankan bisnis eduwisata

wisata edukasi California / californiaagriculture.ucanr.edu

Tips sukses menjalankan bisnis eduwisata :

  1. Percaya diri

    Yap, rasa percaya diri harus diterapkan di bisnis manapun, tak hanya bisnis eduwisata. Terlebih ini bisnis baru, mungkin saja akan banyak omongan negatif tentang bisnis anda dari orang-orang. Yang penting kita tetap percaya diri dan mantap dengan usaha yang kita jalankan.

    Rasa percaya diri bisa dipupuk dengan mengikuti training, seminar kewirausahaan atau berkonsultasi dengan pengamat wirausaha. Dengan rasa percaya diri yang kita dapat dari seminar dan konsultasi, secara psikologis kita akan lebih mantap menggapai kesuksesan bisnis.

  2. Buat jadwal kegiatan

    Jadwal kegiatan meliputi jadwal sehari-hari maupun jadwal promosi dan berbagai event lainnya. Dengan adanya jadwal, kegiatan usaha jadi lebih terarah sehingga meminimalisir penyia-nyian waktu dan mempercepat kesuksesan.

  3. Terus berinovasi

    Inovasi adalah kewajiban yang harus dilakukan para pelaku usaha. Dalam usaha eduwisata, salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti materi permainan yang sekiranya belum pernah dilakukan sebelumnya di tempat lain.

  4. Jalin rasa kekeluargaan dengan klien

    Dengan adanya hubungan yang baik terhadap klien-klien kita, akan memudahkan kita untuk berinteraksi dengan klien mengenai jasa eduwisata yang kita berikan. Dari situ klien bisa memberikan saran, masukan yang pasti berguna bagi perkembangan usaha kita di masa mendatang.

  5. Hindari komplain dari klien

    Salah satu manfaat menjalin rasa kekeluargaan dengan klien di atas adalah agar kita dapat meminimalisir komplain dari klien. Memang tidak dipungkiri jika komplain adalah hal wajar dari klien yang akan kita terima. Namun jika kita bisa meminimalisasinya, tentu hal itu sangatlah bagus. Salah satu caranya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada klien.

  6. SDM berkualitas

    Jika kita tidak bisa memberikan materi-materi yang bagus untuk klien eduwisata, kita bisa mengakali dengan mencari pemateri yang kompeten di tempat lain yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Namun jika hal itu tidak dimungkinkan, kita bisa melakukan beberapa pelatihan dulu terhadap para pemateri sehingga nantinya akan benar-benar menguasai materi eduwisata yang disajikan.

Itulah beberapa tips sukses menjalankan bisnis eduwisata. Jika ada masukan atau tips lain, silakan berbagi di kotak komentar. Berbagi nggak akan rugi kok, malahan menebar manfaat :) Semoga terinspirasi.

Referensi Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Kumpulan Artikel Peluang Bisnis Eduwisata | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] Tips sukses menjalankan bisnis eduwisata […]

    Reply

Leave a reply "Tips Sukses Menjalankan Bisnis Eduwisata"