Travel Haji Dan Umroh Hasilkan Omset 500 Juta

Umroh atau ada yang menyebutnya dengan umrah, merupakan salah satu ibadah umat islam. Umroh ini hampir mirip dengan haji, hingga ada yang menyebut umroh sebagai haji kecil. Usaha travel haji dan umroh di Indonesia kian berkembang seiring meningkatnya keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji dan umroh.

Salah satu pelaku usaha travel haji dan umroh yang terbilang sukses adalah Noviana, pemilik PT. Asanloka Riapindo Go Tour (Gotur). Awalnya Noviana memulai bisnis ticketing di tahun 2004. Lama berkecimpung di bisnis tiket membuat Anna, sapaan akrab Noviana, mengembangkan usahanya menjadi tour and travel di tahun 2008.

travel haji dan umroh

Haji dan umroh ke tanah suci Mekah / gambar via productivemuslim.com

Pangsa pasar dari usaha tour and travel Anna adalah umat muslim, sehingga ia lebih fokus pada wisata religi islami. Kemudian berkembang lagi dengan membuka layanan perjalanan ibadah umroh. Dan di tahun 2012, Anna membuka paket travel haji plus.

Modal awal travel haji dan umroh Gotur

Di awal usaha, Anna menggelontorkan sekitar Rp. 40 juta untuk modal usaha ticketing yang akhirnya berkembang menjadi biro perjalanan wisata islami tersebut. Modal itu ia gunakan untuk sewa kantor di Jalan Wahid Hasyim- Jakarta Pusat, membeli sistem dan biaya operasional.

Tak butuh waktu lama untuk bisa balik modal dari usaha yang ia tekuni tersebut. Hanya sekitar 4 bulan, modal usaha yang digelontorkan Anna pun sudah mengalami balik modal.

Syarat mendirikan usaha

Baik usaha ticketing atau tour and travel, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pelaku usaha. Dimulai dari memiliki badan hukum, kantor, SIUP, NPWP, TDP, Izin BPW (Biro Perjalanan Wisata) dari Departemen Pariwisata, hingga menjadi anggota ASITA (Association The Indonesia Tour and Travel Agencies) dan IATA (International Air Transportasion Association).

Untuk bisa menjalin kerjasama langsung dengan PT KAI dan maskapai penerbangan dalam menjadi agen tiket, usahanya harus diaudit dahulu oleh mereka. Anna memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dalam menjalin kerjasama ini.

Prospek usaha travel haji dan umroh

Seperti diketahui, waktu tunggu yang diperlukan untuk pemberangkatan haji reguler sangatlah lama, bisa mencapai 15 tahun! Jadi misal tahun 2016 daftar haji, maka berangkat hajinya besok pada tahun 2031. Hal ini membuat biro perjalan haji dan umroh mulai dicari calon jamaah haji/umroh, terlebih yang memiliki paket haji plus dan umroh plus.

Selain itu, adanya tren wisata di kalangan anak muda yang berkembang dari wisata umum menjadi wisata religi, membuat usaha ini terus memiliki peluang yang bagus.

Layanan perjanalan

Gotur menawarkan 2 paket perjalanan, yaitu paket perjalanan ibadah dan paket wisata religi internasional maupun domestik. Paket perjalanan ibadah meliputi haji plus dan umroh plus. Gotur sudah bekerjasama dengan pihak Kemenag RI mengenai paket perjalanan ibadah haji plus, yaitu dengan ekstra ordinary kuota (haji eksekutif).

Dengan mempercayakan perjalanan haji plus kepada Gotur, jamaah tak perlu antri bertahun-tahun untuk menunaikan ibadah haji. Tahun ini daftar, tahun ini pula jamaah dapat menunaikan ibadah haji.

Dengan keunggulan tersebut, biaya haji plus ini pun menjadi mahal, yaitu $13.000 atau sekitar Rp. 170 juta. Namun hal ini sebanding dengan nilai ibadah yang didapat jamaah.

Untuk paket ibadah umroh plus, jamaah dapat memilih paket umroh reguler selama 9 hari atau paket umroh plus 12 hari. Baik jamaah wanita maupun pria, akan mendapatkan perlengkapan umroh masing-masing.

Dalam paket umroh 9 hari, jamaah hanya bisa mengunjungi 3 kota, yaitu Mekah, Madinah dan Jeddah. Sedangkan paket umroh plus 12 hari, rinciannya adalah 9 hari ibadah umroh dan 3 hari selanjutnya untuk tour wisata islam. Tujuan tour wisata islam yang bisa dipilih adalah Eropa, Istanbul (Turki), Kairo (Mesir), Dubai, Aqsa atau Maroko (Spanyol).

Untuk jadwal umroh, baik yang reguler maupun umroh plus, selalu ada di setiap bulan sepanjang tahun, kecuali bulan haji. Sedangkan untuk biaya atau ongkos umroh, ditawarkan mulai dari $1.650 atau sektiar Rp. 21 juta, menyesuaikan dengan kurs dollar pada saat pembayaran.

Dengan harga paket umroh murah yang ditawarkan serta berbagai keunggulan dan fasilitas yang didapat, bisa dibilang Gotur merupakan salah satu travel umroh terbaik dan bagus yang layak anda coba.

Kemudian paket layanan yang terakhir yaitu wisata religi internasional. Paket ini mengajak pelanggan untuk melakukan perjalanan ke negara-negara yang erat hubungannya dengan penyebaran agama islam di masa lampau. Selain Turki, negara non muslim seperti Korsel, China, Jepang, Amerika dan Afrika juga menjadi destinasi wisatanya.

Untuk tujuan negara non muslim tersebut, para pelanggan akan melihat secara langsung perkembangan islam di negara-negara dengan mayoritas non muslim selama 4 hingga 5 hari. Harga tour umroh wisata religi yang ditawarkan mulai $2.300 hingga Rp. $5.000 atau sekitar Rp. 30 juta sampai Rp. 65 juta.

Berapapun jumlah jamaah yang mendaftar di Gotur, akan tetap diberangkatkan sesuai jadwal yang sudah disepakati. Pelayanan maksimal tanpa delay atau pending jadwal inilah yang membuat Gotur menjadi pilihan para pelanggan.

Strategi pemasaran travel haji dan umroh Gotur

Teknik marketing yang dijalankan Anna cukup simpel, yaitu dengan memberikan info serta membangun kepercayaan pada orang-orang terdekat terlebih dulu, mulai dari keluarga, sahabat dan teman. Kemudian sedikit demi sedikit mulai meluas ke lingkaran yang lebih besar.

Gotur juga memiliki website yang sangat berguna bagi promosi secara online. Selain itu, ia juga melakukan berbagai inovasi pelayanan yang mampu membuat konsumen agar tetap loyal. Gotur memiliki kantor perwakilan yang saat ini berada di Ternate dan Yogyakarta.

Dari strategi pemasaran yang diterapkan inilah Gotur dapat memberangkatkan sekitar 100 jamaah umroh tiap bulannya dan 30 orang untuk perjalanan wisata islami pada tiap semester. Berdasarkan biaya dan jumlah jamaah di atas, Gotur mendapatkan omset rata-rata sekitar Rp. 500 juta perbulannya dengan keuntungan atau profit sekitar 15%.

Anna memiliki 15 orang karyawan untuk menjalankan usaha ini. Sepuluh orang karyawan ada di Indonesia. Mereka bertugas mengurus manajemen dan pemasaran. Lima orang karyawan lain berada di Arab Saudi yang mengurusi akomodasi dan operasional para jamaah umroh.

Demikianlah info tour umroh, haji plus serta wisata religi islam yang dapat saya sajikan. Semoga artikel travel haji dan umroh ini bermanfaat serta menginspirasi anda :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis travel umroh
  • bisnis umroh
  • keuntungan bisnis travel umroh
  • modal usaha travel umroh
  • cara mencari jamaah umroh
  • usaha travel umroh
  • bisnis umrah
  • keuntungan bisnis travel haji dan umrah
  • bisnis haji
  • keuntungan travel umroh
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Travel Haji Dan Umroh Hasilkan Omset 500 Juta"