Cara Mencari Uang Tambahan Dari Bisnis Internet

Uang tambahan dari internet – Uang bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya butuh uang. Mau beli makan butuh uang, pergi ke suatu tempat butuh uang buat ongkos, Mau tidur nyaman butuh uang buat beli rumah, mau apa lagi? Bahkan buang air di WC umum pun butuh uang!

Manusia tak dapat hidup tanpa uang, maka dari itu manusia harus bekerja untuk menghasilkan uang. Bahkan jika masih kurang untuk memenuhi kebutuhan, banyak juga yang mencari uang tambahan. Entah dari bisnis atau kerja lagi di tempat lain.

uang tambahan dari internet

ngeblog dari rumah / gambar via sheknows.com

Di zaman yang serba internet ini, mencari uang tambahan dari internet adalah hal lazim. Internet menjadi ladang pekerjaan yang menghasilkan, asal tahu caranya :) Anda bisa memulai kerja online atau bisnis online untuk mendapatkan uang dari internet.

Cara mendapatkan uang tambahan dari internet

Di artikel-artikel sebelumnya, saya sudah mengulas mengenai macam-macam kerja online dan bisnis online. Tapi mungkin pembahasannya kurang mendetail, karena saya menyebutkan banyak macam. Artikel ini akan mengulas lebih detail tentang salah satu cara mendapatkan uang tambahan dari internet, yaitu melalui blogging.

Blogging adalah suatu kegiatan menulis pada blog di internet, bisa juga disebut ngeblog. Orang yang kegiatannya ngeblog disebut blogger. Ada banyak platform atau media yang digunakan untuk ngeblog. Namun yang sering dipakai biasanya dari blogger.com dan wordpress.org.

Memiliki blog di blogger.com (blogspot) bisa dilakukan tanpa membayar, meski kalau ingin lebih profesional diharuskan membayar. Namun jika ingin memiliki blog dari wordpress.org, blogger harus membayar untuk domain dan hostingnya, karena blog dari wordpress.org sifatnya self host.

Keuntungan memiliki blog

Dulu blog lebih sering digunakan sebagai media untuk menulis diary, curhat atau sekedar latihan menulis. Namun sekarang tujuannya bisa lebih luas, selain sebagai media informasi, blog juga bisa dijadikan sarana mendapatkan uang tambahan dari internet. Bagaimana caranya?

Agar blog dapat menjadi sumber penghasilan dari internet, blogger harus bekerja sama dengan media periklanan. Jadi media periklanan ini akan menghubungkan blogger dengan para pengiklan dari berbagai brand.

Meski blogger juga bisa bekerja sama langsung dengan pengiklan seperti Linda Ikeji, blogger asal Nigeria yang sukses bekerja sama langsung dengan advertiser (pengiklan). Namun disarankan untuk blogger pemula agar bergabung dengan media periklanan.

Media periklanan di dunia online banyak sekali. Yang paling terkenal dan dipakai banyak blogger adalah Google Adsense. Google Adsense merupakan media periklanan dari Google yang akan membayar anda jika ada klik yang dihasilkan dari blog anda yang sudah bekerja sama (terintegrasi) dengan adsense.

Cara membuat blog

Demi meminimalisir biaya, anda bisa mulai ngeblog dengan blogspot dari blogger.com. Cara membuat blog dari blogspot bisa anda baca di sini. Sebelum bekerja sama dengan Google Adsense, terlebih dulu lakukan custom domain terhadap blog yang baru anda buat tadi.

Custom domain adalah usaha membuat blog anda tampil lebih profesional dengan memiliki ekstensi domain sendiri. Ekstensi domain contohnya : .com, .net, .web.id, dan lain-lain. Jadi jika anda mendaftar blog dari blogspot, anda akan mendapatkan alamat blog misalnya  http://tipskesehatanrambutwanita.blogspot.com

Nah, custom domain dimaksudkan untuk menghilangkan nama blogspot dalam blog tersebut. Jadinya setelah dicustom domain, blognya akan beralamat http://tipskesehatanrambutwanita.com. Terlihat seperti yang di tv-tv kan 😀

Memiliki blog dengan ekstensi domain sendiri merupakan salah satu syarat untuk mendaftar Google Adsense. Istilahnya blog tersebut memiliki Top Level Domain. Setelah blog anda memiliki top level domain, isilah blog tersebut dengan artikel yang bermanfaat.

Cara mendaftar google adsense

Setidaknya ada 20 artikel di blog anda sebelum didaftarkan adsense. Agar lebih mudah diterima adsense, tulislah artikel berbahasa inggris. Artikel copas pun dapat diterima adsense asal bermanfaat dan menyertakan sumbernya.

Setelah memiliki 20 artikel bermanfaat, silakan Klik di sini untuk mendaftar google adsense. Isi formulir yang tersedia sesuai dengan data anda. Nama dan alamat pastikan sama dengan KTP yang anda miliki.

Karena nantinya anda akan mendapatkan bayaran lewat western union dimana KTP adalah syarat mutlak agar penghasilan anda dari google adsense bisa cair.

Untuk bisa menampilkan iklan adsense di blog, caranya mudah. Ambillah kode iklan dari adsense dan tempatkan di blog anda. Pada blogspot, silakan masuk Layout/Tata Letak, kemudian pilih HTML/Java Script, lalu pastekan kode iklan adsense di situ. Jika anda ingin menempatkan iklan adsense di dalam artikel blogspot, tiru caranya di sini.

Di atas telah sedikit saya singgung bahwa anda akan mendapatkan bayaran dari adsense jika ada klik dari blog anda yang telah terpasang iklan adsense. Harga tiap kliknya bisa berbeda, tergantung jenis iklannya. Karena bayarannya dolar, harga per klik untuk blog Indonesia rata-rata $0,05.

Perhatian! Jangan sekali-kali mengklik sendiri iklan adsense yang ada di blog anda, karena itu merupakan pelanggaran dalam adsense, dan akibatnya sangat fatal! Lantas bagaimana cara mendapatkan klik iklan secara alami?

Cara mendapatkan pengunjung blog

Anda harus mempunyai banyak artikel di blog. Tulislah 5 artikel perhari secara rutin selama 6 bulan dan lihat hasilnya 😉 Untuk melatih dan membiasakan anda agar rutin menulis di blog, tulislah artikel sesuai minat atau hobi anda. Misalnya anda suka sepak bola, maka tulislah macam-macam artikel tentang sepak bola.

Anda bisa menulis pengetahuan yang anda miliki, bisa juga dengan menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri (rewrite) artikel tentang sepak bola yang ada di website lain. Ingat, harus ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri, bukan asal copy paste!

Mungkin anda bisa mulai menulis tentang teknik bermain bola, istilah di sepak bola, peraturan sepak bola, sepak bola indonesia, sepak bola eropa, sepak bola lucu, sepak bola wanita, sepak bola anak, berita sepak bola hari ini, sepak bola dari berbagai liga di dunia seperti inggris, spanyol, jerman, dan berbagai info sepak bola lainnya.

Share pengalaman ngeblog

Dalam memulai karir sebagai blogger yang menginginkan uang tambahan dari internet, usahakan ketika menulis artikel jangan berorientasi pada uang. Tulis saja apa yang ada dalam pikiran. Niatkan untuk berbagi informasi yang berguna bagi para pembaca.

Cara seperti itu yang mengantarkan saya mendapatkan uang tambahan dari internet di awal-awal ngeblog dulu dan sifatnya passive income! Jadi tanpa saya menulis pun, tiap hari sudah ada pendapatan dari adsense. Alhamdulillah :)

Kemudian karena ada rasa ingin cepat kaya dari internet, saya menerapkan teknik ngeblog yang salah! Alhasil, passive income dari ngeblog pun menurun 😥 Kemudian di pertengahan 2015 kemarin hingga akhir 2015, alhamdulillah rata-rata pendapatan saya dari ngeblog mencapai Rp. 5 jutaan :)

Dan sekarang di tahun 2016, pendapatan saya dari ngeblog kembali menurun :( Ini dikarenakan saya malas posting artikel. Padahal belum memiliki blog yang berpassive income besar :roll: Begitulah, kedisiplinan ternyata tak hanya ada di dunia militer, di dunia blogging pun kedisiplinan harus benar-benar diterapkan secara serius, terutama kedisiplinan dalam posting artikel!

Sebagai tips, buatlah blog berbahasa inggris untuk meningkatkan pendapatan adsense anda. Karena nilai klik blog bahasa inggris lebih besar dari blog berbahasa indonesia. Sebagai perbandingan, untuk mendapatkan $10 per hari dari blog Indonesia, setidaknya anda membutuhkan sekitar 20.000an pengunjung.

Kalau pada blog berbahasa inggris, anda hanya perlu pengunjung sekitar 1.000an untuk mendapatkan $10 per hari. Sangat jauh bukan perbedaannya?

So, mari kita simpulkan. Untuk mendapatkan uang tambahan dari internet, terutama lewat blogging adsense, hal-hal berikut harus anda penuhi :

  1. Membuat blog
  2. Custom domain blog tersebut
  3. Menulis 20 artikel di blog
  4. Mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense
  5. Memasang kode iklan adsense ke blog
  6. Menulis banyak artikel secara rutin untuk meningkatkan pengunjung
  7. Banyak pengunjung blog = banyak penghasilan dari adsense

Itulah cara mendapatkan uang tambahan dari internet terutama melalui blogging. Mungkin anda ingin berbagi pengalaman lain tentang ngeblog? Silakan menuju kotak komentar :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Cara Mencari Uang Tambahan Dari Bisnis Internet"