Keuntungan Menggiurkan Dari Bisnis Kaos Islami

Bisnis kaos islami – Meski banyak model kaos distro di pasaran, namun tetap memberi tempat bagi kaos bertema islam untuk digandrungi banyak orang. Kreatifitas Sigit Sulistianto telah menginspirasinya membuat sebuah produk kaos islami yang berbeda.

Setiap desain kaos islami yang ia buat selalu ludes terjual, bahkan ia mengaku sering kewalahan mengatasi permintaan pelanggan. Seperti apa konsep bisnis kaos islami yang ia jalankan ini?

bisnis kaos islami

Model kaos Oasewear / gambar via pictaram.com

Mengaku hobi dengan pakaian distro dan sering mengikuti perkembangan pakaian distro baik dari dalam dan luar negeri, membuat Sigit ingin memiliki usaha sendiri di bidang fashion. Dengan tekad yang bulat tersebut, ia mulai fokus menekuni bisnis fashion ini pada tahun 2012.

Tak tanggung-tanggung, ia berani resign dari pekerjaannya pada salah satu anak perusahaan Astra. Sebagai perwujudan keseriusannya yang lebih dalam, ia pun pergi ke Jogja, Bandung dan Jakarta untuk memperdalam pengetahuan di bidang fashion.

Modal awal

Awal mula membangun bisnis kaos islami, Sigit mengaku menggelontorkan modal sebesar Rp. 50 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli kain serta membuat merk (Oasewear). Dari sinilah Sigit mulai berkreasi dengan membuat berbagai sampel pakaian, mulai dari kemeja, tas, topi, hingga berbagai kaos distro.

Model kaos oasewear

Sigit selalu berkreasi mengikuti tren fashion di masyarakat. Kendati begitu, model fashion Oasewear selalu mengedepankan nilai-nilai islam. Misal pada desain kaos untuk akhwat (wanita). Oasewear menciptakan desain kaos yang lebih longgar dan tidak ketat seperti pada umumnya.

Meski begitu, kaos akhwat oasewear ini tetap nyaman digunakan, modis, anggun dan enak dipandang. Kaos dari Oasewear menggunakan bahan 100% full cotton dengan kualitas grade A, sehingga tidak panas saat dikenakan. Desain gambar pada kaos juga tidak terlalu ramai dan mencolok, hal ini akan membuat kesan soft.

Meski konsep kaosnya distro, namun Oasewear memiliki ciri khas yang tidak sama dengan kaos distro pada umumnya. Perbedaan ini terlihat pada kata-kata yang ada pada kaos tersebut, yang lebih memiliki makna keislaman, misalnya kata “Man Jadda wa Jada”, “La Tahzan”, “One Day One Juz”, dan sebagainya.

Harga kaos distro islami oasewear

Harga yang dibandrol untuk produk bisnis kaos islami dari Sigit ini pun bermacam-macam. Dimulai untuk T-Shirt cowok lengan pendek dihargai Rp. 125 ribu / pcs, T-Shirt lengan panjang cowok Rp. 145 ribu / pcs, T-Shirt akhwat Rp. 145 ribu / pcs, T-Shirt akhwat kancing Rp. 155 ribu / pcs, sedangkan hoodie Rp. 296 ribu / pcs.

Ukuran kaos yang diproduksi Sigit juga cukup lengkap, mulai dari S, M, L, XL, double XL, triple XL. Untuk ukuran double XL dan triple XL akan dikenai tambahan harga antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 15 ribu.

Keuntungan bisnis kaos islami Oasewear

Setiap bulannya, Sigit biasa memproduksi 1.000-3.000 produk pakaian. Sekitar 70-90% produk selalu laku dengan omset mencapai lebih dari Rp. 100 juta perbulannya. Dengan omset sebesar itu, Sigit mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp. 50 jutaan perbulannya.

Untuk membantuk produksi bisnis kaos islami yang ia tekuni, Sigit dibantu oleh 3 jasa maklon yang ada di Bandung. Dengan menggunakan jasa maklon, Sigit tak lagi repot mengurus karyawan dan operasional, sehingga dia bisa fokus di bagian pemasaran.

Strategi pemasaran

Sigit mengandalkan pemasaran melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, BBM serta instagram. Target pasar yang lebih condong kepada anak muda, membuat media sosial menjadi senjata pemasaran yang ampuh bagi bisnis kaos islami ini.

Selain itu, Sigit juga memasarkan produknya dalam berbagai pameran, seperti pameran Jakcloth yang baru-baru ini diselenggarakan di parkir timur senayan, Jakarta.

Sigit juga membuka sistem kerjasama dalam bentuk reseller atau keagenan. Hanya dengan modal Rp. 500 ribu, mereka yang berminat sudah bisa menjadi reseller dengan mendapatkan diskon harga tertentu sesuai investasi modalnya.

Kendala

Cepat berubahnya tren menjadikan kendala tersendiri bagi bisnis kaos islami Oasewer ini. Sebagus apapun desain kaos, jika sudah tidak tren dan tidak sesuai konsumen, maka penjualannya akan berkurang. Solusi untuk hal ini adalah dengan memberi diskon khusus pada produk yang kurang laku.

Bisa juga dengan memberikan secara cuma-cuma produk kaosnya pada publik figur tertentu. Kalau produknya tentang islami gini, bisa diberikan pada artis Sahrul Gunawan, Salman Al jugjawy (Sakti ex Sheila on 7), Caisar dan artis lainnya.

Info lebih lanjut bisa hubungi :
Sigit Sulistiantio (Oasewear Islamic Clothing)
Pamulang Estate, Blok H6 No. 38 Jalan Anggur Raya Pamulang Timur Tangerang Selatan, Banten.
Telp. 08129009066

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai bisnis kaos islami Oasewear. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Referensi : Tabloid Peluang Usaha Edisi 10 Th XI Juni – Juli 2016

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis kaos muslim
  • bisnis kaos distro muslim
  • usaha islami
  • buka usaha kaos muslim
  • gambar kaos islami kata kata
  • kaos anķ2 gmbr islami
  • keuntungan bisnis kaos online
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Keuntungan Menggiurkan Dari Bisnis Kaos Islami"