Cara Mudah Menjalankan Usaha Frozen Food

No comment 2294 views

Prospek usaha frozen food – Manusia hidup seringkali mencari hal-hal yang praktis, termasuk mengenai makanan. Terlebih di tengah padatnya kesibukan di pagi hari, dimana waktu untuk menyiapkan makanan sangatlah terbatas, maka tak ada pilihan lain selain membuat makanan praktis, seperti nugget atau sosis.

Bagi seorang wirausahawan, hal ini tentu membuka peluang bisnis tersendiri. Bahan makanan seperti nugget, sosis, somay ataupun bakso disebut juga frozen food (makanan beku), karena makanan jenis ini harus disimpan dalam freezer agar tetap segar.

usaha frozen food

Berbagai macam produk frozen food / gambar via seriouseats.com

Frozen food dapat diolah menjadi berbagai macam jenis menu makanan sesuai selera. Misalnya sosis dan bakso dicampur dalam sayur sop, nuget dan somay digoreng lalu dicocol dengan saos atau mayones. Berbagai kepraktisan dan kemudahan tersebut membuat usaha frozen food memiliki prospek yang bagus.

Tak heran jika para ibu rumah tangga sudah banyak yang menjalankan usaha frozen food rumahan. Bagi anda yang sudah berbisnis frozen food atau yang baru akan memulai usaha ini, berikut ini saya sajikan cara-cara menjalankan usaha frozen food agar cepat sukses.

Cara menjalankan usaha frozen food agar cepat sukses :

  1. Jenis produk

    Frozen food kebanyakan berasal dari daging ayam dan sapi. Jenis makanan frozen food juga bermacam-macam, antara lain nugget, bakso, sosis dan somay. Anda harus tentukan dulu produk frozen food mana yang hendak dipasarkan.

    Acuannya bisa dari selera konsumen. Untuk mengetahui hal ini, anda perlu melakukan survei selera pasar. Selain itu juga bisa dari kemudahan bahan baku. Di beberapa daerah, mungkin bahan baku ayam lebih mudah didapat daripada daging sapi. Dengan begitu, kita bisa mengembangkan produk ayam beku siap masak.

    Jangan lupa juga untuk memperhatikan stabilitas bahan baku yang anda pilih. Karena beberapa bahan seringkali mengalami harga yang tidak stabil, naik turun. Hal ini akan berimbas pada produk frozen food yang anda jual.

    Karena para konsumen tidak mau tahu jika harga produk yang akan mereka beli tidak stabil. Jika terjadi seperti itu, mereka lebih memilih untuk membeli produk lain.

  2. Permodalan

    Usaha frozen food membutuhkan berbagai peralatan yang umumnya berharga mahal. Beberapa peralatan tersebut antara lain : freezer, alat pengemas kedap udara dan berbagai peralatan lainnya yang membutuhkan banyak modal.

    Itulah sebabnya kita harus memperhatikan masalah permodalan ini sebelum benar-benar menekuni usaha frozen food. Jika perhitungan usaha yang anda buat sudah mampu menawarkan keuntungan, tak ada salahnya untuk mencari pinjaman modal. Usahakan cari pinjaman tanpa bunga, misal dari keluarga atau sahabat.

  3. Izin makanan

    Biarpun usaha frozen food yang anda kembangkan memiliki rasa yang nikmat dan harganya juga terjangkau, anda harus memberinya dengan berbagai lisensi yang dibutuhkan, mulai dari izin PIRT, BPOM hingga sertifikat halal. Baca : Inilah cara mendapatkan sertifikat halal dari MUI

    Berbagai izin tersebut sangat penting karena saat ini konsumen sudah jauh lebih cerdas dalam memilih kualitas makanan selain dari rasanya. Konsumen juga butuh jaminan kesehatan dan keamanan dari produk yang anda kembangkan.

  4. Gunakan internet untuk pemasaran

    Internet bisa menjadi media promosi yang cepat dan efektif untuk mendapatkan pelanggan. Anda bisa menggunakan banyak cara berpromosi lewat internet, mulai dari media sosial (facebook, twitter, instagram), forum online seperti kaskus, iklan gratis di OLX, Tokopedia, Bukalapak, hingga membuat blog.

    Kesemua cara promosi online di atas dapat anda manfaatkan secara gratis. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam promosi online adalah kesiapan produk yang anda miliki. Anda harus siap jika sewaktu-waktu ada pesanan dalam partai besar dari marketing online ini.

    Hal ini benar-benar harus menjadi perhatian karena seringkali para pengusaha online kelabakan sewaktu mendapatkan pesanan dalam jumlah besar via internet. Tentu anda tidak mau kan, jika pelanggan kecewa dengan pelayanan anda?

Demikianlah ulasan saya mengenai peluang usaha makanan beku atau frozen food. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • jualan warteg
  • bisnis frozen food
  • usaha frozen food rumahan
  • usaha frozen food
  • Ijin untuk frozen food
  • peluang bisnis frozen food
  • usaha jualan nuget beku
  • cara membuat produk frozen
  • cara memasarkan produk frozen
  • bisnis frozen food homemade
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Leave a reply "Cara Mudah Menjalankan Usaha Frozen Food"