Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Ramadhan

2 comments 595 views

Usaha jelang ramadhan – Bulan ramadhan akan segera datang dalam beberapa jam. Sebagai seorang muslim, kita harus menyambut bulan penuh berkah ini dengan hati yang senang dan penuh ketaqwaan kepada Allah Ta’ala.

Begitu juga bagi para pedagang atau pengusaha, selain menyambut dengan hati yang senang, mereka juga menyambut dengan berbagai inovasi untuk menciptakan peluang bisnis di bulan ramadhan. Sebab ada beberapa bisnis di bulan puasa yang omsetnya naik berlipat-lipat! Bisnis apa sajakah itu?

Lebaran dan ramadhan adalah 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Begitu juga peluang usaha yang tercipta dari hari-hari istimewa tersebut. Meski kebutuhan lebaran setiap tahunnya selalu sama, bukan berarti para pelaku usaha harus memproduksi produk-produk yang memang sudah ada sejak lama.

Inovasi usaha jelang ramadhan

Tak ada salahnya para pelaku usaha membuat inovasi-inovasi baru yang membuat produknya lebih fresh daripada produk kebanyakan. Salah satu inspirasi dalam inovasi ini adalah munculnya baju koko eksklusif yang memadukan kain katun impor dengan kain tradisional seperti batik dan tenun.

Dengan inovasi itu, produk baju koko tersebut tak hanya bisa digunakan sebagai ibadah, tapi juga bisa dikenakan pada acara formal maupun santai.

usaha jelang ramadhan

Baju koko inovatif / gambar via zalora.co.id

Untuk usaha fashion, pelaku usaha harus rajin mengetahui perkembangan fashion baik dari dalam maupun luar negeri. Terlebih bagi fashion muslim yang saat ini tengah berkembang pesat di Indonesia, karena fashion muslim Indonesia tengah menjadi sorotan masyarakat muslim luar negeri.

Tahun lalu, fashion muslim yang tengah booming adalah penggunaan pashmina sebagai penutup kepala dan gamis serta celana hareem sebagai busananya. Namun sekarang tren busana muslim Indonesia telah berkembang menjadi muslim konsep syar’i yang mengarah ke gamis dan jilbab khimar.

Usaha beromset “Wah” saat ramadhan

Menjelang ramadhan dan lebaran, permintaan pasar mengalami peningkatan 2-4 kali dibandingkan bulan-bulan biasa. Beberapa peluang bisnis menjelang ramadhan dan lebaran yang paling menguntungkan adalah fashion muslimah, peralatan ibadah, kue kering, penjualan tiket transportasi umum, rental mobil hingga jualan makanan untuk berbuka di bulan puasa (takjil).

Strategi pemasaran usaha jelang ramadhan

Media online merupakan sarana pemasaran yang tak boleh dilupakan oleh para pelaku usaha, termasuk dalam pemasaran berbagai usaha jelang ramadhan ini. Gunakanlah facebook, twitter dan instagram sebagai media pemasaran yang efektif.

Meski begitu, teknik pemasaran konvensional dengan membuka stand juga tak kalah ampuh dengan pemasaran via online. Terlebih bagi yang berjualan takjil untuk berbuka. Di daerah saya, tepatnya di sekitar simpang lima, terdapat tenda di pinggirannya sebagai tempat orang-orang berjualan takjil.

usaha jelang ramadhan

Jual takjil ramadhan / gambar via solopos.com

Setiap kali lewat sana pada bulan puasa di sore hari, pasti sudah ramai orang berbondong-bondong mencari menu berbuka puasa. Semua julaan terlihat laris. Selain itu juga terasa meriah dan asyik, meski saya cuma lewat, hehe 😀

Tak ada salahnya juga untuk menggunakan teknik promosi keagenan. Hal ini cocok diterapkan bagi pelaku bisnis kue kering. Bahkan ada juga yang menyebut bisnis ini sebagai bisnis lebaran tanpa modal. Karena mereka menerapkan sistem titip jual pada para agen.

Para pelaku usaha harus benar-benar bisa memanfaatkan media pemasaran apa saja. Pelaku usaha harus bisa mencari celah untuk mengembangkan usahanya. Sebab, jelang ramadhan dan lebaran seperti ini persaingan usaha semakin ketat.

Fenomena tersebut dikarenakan banyak pelaku usaha musiman yang ikut berjualan, meski usaha mereka terkadang bisa dibilang masih skala kecil-kecilan, namun keberadaan mereka turut meramaikan pasar kebutuhan jelang ramadhan dan lebaran.

Meski begitu, hal tersebut tak perlu menjadi kekhawatiran para pelaku usaha. Dengan terus menjaga kualitas dan nama baik, maka konsumen akan tetap loyal dan percaya pada produk yang kita sajikan. Meski banyak pelaku usaha musiman, omset pelaku usaha asli akan tetap meningkat seiring peningkatan kebutuhan masyarakat di bulan puasa dan lebaran.

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai peluang usaha jelang ramadhan yang bisa anda jadikan referensi dalam berbisnis. Semoga bermanfaat :)

author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Kiat Sukses Bisnis Musiman Jelang Ramadhan | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] mereview postingan sebelumnya tentang macam-macam usaha yang prospektif jelang ramadhan, usaha makanan memang menjadi langganan, entah itu takjil ataupun kue kering […]

    Reply
  2. Kue Kering Lebaran Cookico Omset Ratusan Juta | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] kering lebaran – Salah satu usaha yang mengalami lonjakan permintaan di bulan ramadhan dan menjelang lebaran seperti ini adalah kue kering. Salah satunya dialami oleh usaha kue kering brand cookico yang mampu […]

    Reply

Leave a reply "Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Ramadhan"