Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru

Usaha rumahan modal kecil – Bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan, peluang usaha rumahan modal kecil bisa menjadi sebuah pilihan. Sambil mengerjakan berbagai tugas rumah tangga, sang ibu bisa membantu perekonomian keluarga.

Sebagai pemula, seringkali modal menjadi kendala dalam memulai bisnis, termasuk bisnis rumahan ini. Namun jangan khawatir, karena usaha rumahan bisa dimulai dengan modal kecil.

Usaha rumahan bisa dimulai dengan modal kecil karena kita bisa memangkas biaya sewat tempat. Namanya rumahan, tentu usaha tersebut ada di rumah, sehingga kita tak perlu menyewa tempat, dan ini jelas membuat hemat modal awal.

usaha rumahan modal kecil

Nasi uduk, salah satu usaha rumahan modal kecil / gambar via bisnisbajumu.com

Selain itu, jika usaha rumahannya menggunakan internet, tentu kita bisa menghemat biaya promosi, karena dengan internet kita bisa mempromosikan secara gratis berbagai produk yang kita tawarkan. Dan hal ini tentu juga menghemat biaya promosi.

Tak hanya untuk ibu rumah tangga, usaha rumahan modal kecil ini juga cocok dijalankan siapa saja, mulai dari mahasiswa, pengusaha pemula hingga karyawan. Lantas, apa saja contoh usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan?

Usaha rumahan modal kecil

  1. Usaha kuliner

    Kuliner bisa dimulai dengan modal besar (restoran), tapi juga bisa dimulai dengan modal kecil. Kalau yang restoran tidak usah dibahas di sini ya, karena sudah melenceng dari tema. Yang kita bahas adalah usaha kuliner modal kecil.

    Usaha kuliner modal kecil rumahan contohnya jualan nasi uduk tiap pagi. Meski rumah kita berada di gang, kalau nasi uduknya enak, orang tetap akan mencari meski harus masuk gang. Dan modalnya bisa dimulai dengan Rp. 1 jutaan, bahkan ada yang dimulai dengan ratusan ribu rupiah.

    Meski jualannya hanya pagi, banyak kok para penjual nasi uduk yang sukses. Yang penting kualitas, dengan artian, kita harus bisa membuat nasi uduk yang enak. Mungkin butuh beberapa kali percobaan, dan jika sudah ketemu resep rahasinya, warung nasi uduk pun siap dibuka!

    Contoh usaha kuliner rumahan lainnya adalah bubur ayam. Di sini anda tidak akan mendapatkan resep membuat bubur ayam enak. Saya hanya sebatas memberi inspirasi saja. Sejak dulu hingga sekarang, bubur ayam selalu menjadi menu alternatif untuk sarapan.

    Baik warga kota maupun pedesaan, bubur ayam merupakan menu sarapan yang pas ketika tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan di pagi hari. Selain bubur ayam, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bubur kajang ijo atau menu bubur lainnya.

    Setelah membahas makanan, tak lengkap rasanya jika belum membahas minuman. Banyak jenis minuman, yang halal tentunya, bisa dibuka di rumah. Misalnya jus buah. Cukup modal ratusan ribu rupiah untuk bisa berjualan jus buah.

    Bisa juga berjualan es campur, es teller, es oyen dan berbagai macam menu es lainnya. Kalau pengen lebih ramai dan jadi tempat nongkrong, anda perlu menyediakan beberapa kursi dan meja. Namun ini lebih direkomendasikan jika anda mempunyai tempat yang luas.

  2. Usaha bimbingan belajar

    Jangan membayangkan bimbingan belajar yang besar-besar seperti primagama, ganesha operation, ipiems dan lain-lain. Yang akan kita buat ini adalah bimbingan belajar yang simpel. Berbekal kemampuan dan pengetahuan yang anda miliki, anda sudah bisa membuka usaha bimbingan belajar di rumah.

    Modal yang anda butuhkan mungkin modul jika anda belum punya. Selain itu juga promosi ke sekolah-sekolah dengan brosur, BBM, ataupun promo online dengan facebook, twitter dan instagram. Baca : Kiat mencari bisnis sampingan tanpa modal

    Dengan banyaknya kekhawatiran para orang tua akan prestasi akademik anak-anaknya, maka usaha bimbingan belajar rumahan ini akan selalu memiliki peluang. Selain pelajaran sekolah, bimbingan belajar rumahan bisa juga diaplikasikan untuk kesenian, misal les gitar, piano, olah vokal dan jenis kesenian lainnya.

  3. Usaha jasa penitipan anak

    Jika rumah anda cukup luas, tidak ada salahnya membuka usaha jasa penitipan anak di rumah. Usaha ini sangat potensial di zaman yang serba dinamis seperti sekarang. Para orang tua baik suami maupun istri kini banyak yang memilih bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

    Mau tak mau, para orang tua yang memiliki anak bayi dan balita harus menitipkan anak mereka ketika suami istri ini bekerja. Bagi yang memiliki orang tua  atau mertua yang tinggal berdekatan, hal ini tentu tak jadi masalah, karena anak-anak bisa dititipkan ke orang tua mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak tinggal berdekatan dengan orang tuanya?

    Di sinilah peran usaha jasa penitipan anak sangat penting. Kenapa para orang tua mau membayar mahal untuk jasa penitipan anak? Jawabannya simpel, para orang tua ingin putra putri mereka dititipkan pada orang yang tepat, karena hal ini tentu berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

    Hal-hal yang harus anda persiapakan adalah tempat dimana anak-anak bisa bermain dan belajar dengan baik. Selain itu anda harus punya pengetahuan mengasuh anak-anak dengan baik. Pengetahuan dan kemampuan tersebut bisa anda dapatkan dari buku atau belajar dengan orang lain.

    Hal terpenting dari bisnis usaha jasa penitipan anak ini adalah kepercayaan. Sekali anda sukses mengasuh anak, maka para pelanggan tak akan segan menginformasikan usaha anda kepada orang lain.

  4. Bisnis online

    Bisnis online memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Jangan salah, banyak anak muda zaman sekarang yang sukses dari berbisnis online. Maka jika anda melihat tetangga yang sehari-harinya di rumah saja, kelihatan nganggur tapi punya banyak uang, bisa jadi dia mempunyai bisnis online. Jadi jangan berburuk sangka dulu.

    Bisnis online ini pun banyak sekali macamnya, bisa jual barang dan jasa secara online, membuat blog bisnis, afiliasi atau makelar online, jasa pembuatan website, MLM online  dan lain-lain.

    Jual barang dan jasa secara online bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Jika belum memiliki barang untuk dijual, kita bisa menjualkan barang orang lain dengan sistem dropshipping.

    Media penjualan secara online bisa lewat facebook, twitter, instagram atau blog gratisan. Untuk menggunakan facebook dan twitter tentu tidak ada masalah bukan? Saya yakin anda sudah sangat menguasainya 😀

    Silakan manfaatkan facebook dan twitter untuk jualan. Agar tidak dibenci orang dan dianggap spam, bertemanlah dengan orang-orang yang sekiranya berminat dengan produk anda. Jadi ketika anda mengupload barang dagangan, teman-teman online anda akan segera tertarik, sehingga akan mengurangi kecenderungan untuk spamming.

    Untuk mencari uang melalui blog bisnis, afiliasi online dan jasa pembuatan website, diperlukan skill khusus. Jika anda berminat, silakan mencari tempat kursus yang tepat. Lebih baik lagi jika ada teman anda yang sudah berkecimpung di bidang ini, karena tentu biaya kursus bisa ditekan bahkan gratis 😀

  5. Jual pulsa

    Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, terlebih masyarakat yang melek teknologi, selain pulsa telepon atau sms, mereka juga butuh pulsa internet. Jualan pulsa adalah usaha rumahan modal kecil yang sangat mudah dilakukan.

    Namun, hambatannya kebanyakan sama, yaitu utang. Banyak orang-orang berjualan pulsa dan akhirnya tutup karena modalnya tidak berputar dengan baik. Mereka tidak menerima uang cash secara teratur karena banyak yang beli pulsa dengan berhutang dan akhirnya lupa.

    Hal ini perlu diwaspadai, karena mereka yang berhutang itu bisa jadi saudara, teman dan tetangga yang membuat kita jadi sungkan kalau mau menagih hutang.

Demikianlah beberapa contoh usaha rumahan modal kecil yang dapat saya bagikan. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • jualan yg cocok di daerah gang
  • usaha apa yang cocok dalam gang
  • usaha yg menguntungkan di dpang gang
  • usaha dagang dirumah didalam gang
  • usaha apa yg cocok untk rumah di dlam gang
  • usaha apa yang cocok di gang-gang?
  • Selain es campur apa lagi yg bisa untuk bisnis ibu rumah tangga
  • jualan nasi apa modal sedikit
  • contoh usaha rumahan dengan lokasi d dalam gang
  • Cara menghemat modal kecil
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Peluang Usaha Makanan Modal Kecil Untung Besar | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] bisa dikatakan salah satu contoh usaha rumahan, dimana bisnis jus ini tidak perlu ketrampilan dan keahlian khusus dalam membuatnya. Bahan baku […]

    Reply
  2. Tips Sukses Di Bisnis Apapun3 months ago

    […] adalah pada aplikasi pelaksanaan. Karena tiap-tiap usaha memiliki model yang berbeda, ada bisnis rumahan, bisnis ibu rumah tangga, hingga bisnis online. Sehingga diperlukan penyesuaian terhadap tips […]

    Reply
  3. Tips Sukses Di Bisnis Apapun | Harmoni Media3 months ago

    […] adalah pada aplikasi pelaksanaan. Karena tiap-tiap usaha memiliki model yang berbeda, ada bisnis rumahan, bisnis ibu rumah tangga, hingga bisnis online. Sehingga diperlukan penyesuaian terhadap tips […]

    Reply

Leave a reply "Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru"