Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

2 comments 751 views

Usaha sampingan ibu rumah tangga – Ibu rumah tangga selalu diidentikkan dengan pekerjaan rumahan. Mulai dari mengurus anak, suami, bersih-bersih rumah, menata rumah dan pekerjaan rumahan lainnya.

Bagi wanita yang terbiasa bekerja kantoran, ketika mereka sudah menikah, seringkali dihadapkan pada masalah yang serius mengenai pekerjaannya. Mau tetap bekerja di kantor dan berpenghasilan, atau mengurus keluarga sepenuhnya tanpa bekerja.

usaha sampingan ibu rumah tangga

Membuat aneka kue, salah satu contoh usaha sampingan ibu rumah tangga / gambar via weddingsevens.com

Jika memilih mengurus keluarga sepenuhnya tanpa bekerja, seringkali para wanita mengalami stres. Karena bagi mereka yang biasa bekerja di kantor, tapi setelah di rumah banyak waktu luang yang tak tahu ingin diisi dengan apa.

Menurut saya, agar seimbang, tidak ada yang terbengkalai baik pendapatan dan urusan rumah tangga, kita bisa mengambil jalan tengah. Ibu rumah tangga tetap bisa mengurus rumah tangga dan berpenghasilan meskipun tanpa bekerja di kantor. Bagaimana caranya?

Ibu rumah tangga bisa mencari usaha yang cocok dikerjakan di rumah. Meski dikerjakan di rumah, banyak usaha rumahan yang terbukti menghasilkan uang dan sukses. Ada yang bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan tanpa modal.

Usaha sampingan ibu rumah tangga

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang akan saya tulis ini bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang tinggal di desa maupun kota. Bahkan ada juga yang bisa dijalankan oleh ibu hamil. Berikut ini 5 contoh peluang bisnis sampingan ibu rumah tangga.

  1. Bisnis makanan

    Tinggal di desa ataupun kota, bisnis makanan tetap bisa dijalankan ibu rumah tangga. Dengan menjadikan teras rumah sebagai tempat usaha, ibu rumah tangga sudah siap berjualan makanan. Misalnya nasi uduk, mie ayam, bakso, bubur ayam, dan berbagai makanan lainnya.

  2. Usaha aneka kue

    Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi bikin kue, sayang sekali kalau tidak dikembangkan. Ibu rumah tangga bisa membuat aneka kue dari rumah. Kemudian bisa dititipjualkan pada warung-warung atau kantin sekolah.

    Pada artikel terdahulu yang pernah saya tulis mengenai cara cepat mencari uang dari dunia bisnis, saya memberikan contoh inspiartif usaha teman saya yang dijalankan dari rumah. Usaha tersebut berupa aneka olahan dari pisang. Meski tempat usahanya masih kecil, namun banyak pesanan berdatangan secara online.

  3. Usaha kerajinan tangan

    Bagi anda yang suka kerajinan tangan atau malah sudah hobi membuat aneka kerajinan tangan, tak ada salahnya untuk mengkomersilkan hasil kerajinan tangan yang anda buat. Saya pernah menulis kisah sukses Lani Cahyani yang berhasil membuat kaleng bekas menjadi suatu kerajinan yang bernilai tinggi.

    Selain itu saya juga pernah menuliskan kesuksesan Mas Taufik dalam mengolah kaleng bekas softdrink menjadi sebuah kerajinan unik berbentuk miniatur scooter. Jika anda suka bikin kerajinan tangan tapi merasa kurang berbakat, anda bisa mengambil kursus untuk membuat kerajinan tangan.

    Seperti contoh di atas, selain membuat kerajinan tangan, Mbak Lani dan Mas Taufik juga membuka workshop atau pelatihan membuat kerajinan tangan.

  4. Membuka les privat

    Ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang kuliah pendidikan, bisa membuka les privat untuk anak-anak, mulai anak SD hingga SMA. Usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dijalankan di rumah. Atur jadwal agar les bisa dilaksanakan sore hari sehingga tidak mengganggu tugas rumah tangga anda.

  5. Bisnis online

    Ibu rumah tangga di rumah tetap bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Macam-macam bisnis online sangat banyak. Ada jualan online, blogging hingga makelar online. Menurut saya, jualan online adalah usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling mudah dikerjakan.

    Anda bisa mulai jualan online melalui media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Selain gratis, media online itu juga mudah digunakan. Dan pastinya anda sudah mempunyai salah satu akun media sosial di atas bukan? :)

    Untuk berjualan di media sosial caranya pun cukup mudah. Anda tinggal mengupload barang yang ingin anda jual ke media sosial tersebut. Agar tidak dibenci teman-teman anda di media sosial, jangan terlalu sering upload barang dagangan di media sosial. Sesekali buatlah status yang bermutu untuk mempererat pertemanan.

    Anda tidak memiliki barang untuk dijual secara online? Caranya gampang, cari supplier di marketplace Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kirim pesan ke penjual jika anda ingin ikut menjualkan barang secara dropship.

    Dengan cara dropship, anda tidak perlu menstok barang. Jika ada penjualan, supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli anda, atas nama toko anda. Praktis bukan? :)

Demikianlah beberapa contoh usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa anda praktekkan untuk membantu ekonomi keluarga. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • bisnis di desa untuk bumil
  • usaha ibu rumah tangga yang hamil
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Ide Bisnis Rumahan Modal Di Bawah 1 Juta | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] bisnis rumahan selalu menjadi topik yang menarik untuk dituliskan. Jika seringnya ibu rumah tangga yang mencari model bisnis rumahan, kini banyak juga anak-anak muda yang lebih memilih bisnis di […]

    Reply
  2. Ternak Ayam Serama Raup Untung Jutaan Rupiah | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Salah satu pelaku usaha ternak ayam serama adalah Cabu (45 tahun). Berawal dari hobi, kini ia telah sukses mengembangbiakkan ayam serama yang ia jadikan sebagai usaha sampingan di rumah. […]

    Reply

Leave a reply "Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga"