Kiat Sukses Memulai Usaha warung Kopi

2 comments 2512 views

Usaha warung kopi atau kedai kopi mulai menjamur di berbagai daerah. Di tempat saya yang terbilang pinggiran kota juga sudah mulai ramai usaha warung kopi, mulai berkonsep sederhana hingga lebih modern.

Salah satu faktor pendukung ramainya usaha warung kopi ini adalah keinginan masyarakat yang ingin nongkrong bareng bersama teman-teman. Daripada nongkrong cuma ngobrol, kopi bisa menjadi sarana menambah keasyikan dan keakraban.

Layaknya hukum alam, jika ada suatu usaha yang sukses atau berhasil di suatu tempat, maka orang-orang di tempat lain juga akan membuat usaha serupa. Hal ini memang tak bisa disalahkan karena begitulah insting seorang pengusaha.

usaha warung kopi

warung kopi / gambar via listdose.com

Namun yang perlu diingat, dalam memulai usaha kedai kopi atau warung kopi ini, hendaknya kita tidak asal ikut-ikutan saja, melainkan harus ada sesuatu yang beda agar usaha warung kopi kita cepat mendapat pelanggan.

Menjawab akan hal tersebut, artikel ini hadir dengan beberapa tips dan kiat-kiat yang bisa anda gunakan untuk mempercepat kesuksesan usaha kopi anda.

Kiat sukses memulai usaha warung kopi

  1. Kualitas kopi

    Kopi adalah menu utama yang akan disajikan, karena itu anda harus benar-benar memberikan kopi berkualitas untuk para pelanggan. Tak masalah harganya cukup mahal, jika kualitasnya memang baik, orang akan tetap mencarinya. Mindset seperti ini biasanya dimiliki oleh masyarakat kelas menengah atas.

    Sebaliknya, bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, mereka tak terlalu peduli dengan kualitas kopi, yang terpenting bagi mereka malah kuantitas atau banyaknya kopi yang mereka dapat, seberapa besar gelas berisi kopi yang akan mereka minum. Maka dari itu, tak ada salahnya juga untuk mengetahui target market apa yang akan anda tuju.

  2. Layout warung kopi (tata letak)

    Tata letak ruangan merupakan salah satu faktor yang membuat para pelanggan betah berlama-lama untuk ngopi di tempat anda. Buatlah desain sedemikian rupa agar tempat ngopi anda menjadi nyaman. Jangan menata banyak kursi atau tempat di ruangan sempit.

    Hal ini demi privasi para pelanggan anda. Orang tentu tak ingin obrolannya didengar orang lain (menguping). Jika anda ingin hasil layout yang benar-benar pro, jangan segan-segan untuk menyewa jasa desain interior restoran. Baca juga : Untung 30% dari jasa desain interior restoran

  3. Fasilitas

    Banyak fasilitas menarik yang bisa ditambahkan sebagai daya tarik warung kopi anda. Misalnya wifi gratis, toilet yang nyaman, mushola, permainan anak-anak seperti prosotan, dan lain-lain.

  4. Tambahkan menu lain

    Meski judulnya warung kopi, namun tak ada salahnya anda menambahkan menu lain, terutama snack dan makanan. Mungkin bisa dengan roti bakar, mie goreng/rebus, aneka gorengan, dan sebagainya.

  5. Perijinan

    Hal ini juga sangat utama demi keberlangsungan usaha warung kopi anda. Perijinan meliputi izin usaha yang berupa SIUP, TDP, IMB, dan izin lain yang diperlukan. Jika izin lengkap, anda juga akan tenang menjalankan usaha.

  6. Pelayanan

    Pelayanan pelanggan juga harus anda perhatikan. Jadikan pelanggan benar-benar raja. Hal ini terkadang membutuhkan kesabaran ekstra. Sebab pelaggan juga suka seenaknya memerintah dan memesan. Tapi jadikanlah itu bumbu kesabaran demi majunya usaha anda.

Demikianlah beberapa kiat sukses memulai usaha warung kopi yang bisa saya bagikan. Semoga dapat menginspirasi anda :)

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • apakah warung kopi ku bisa sukses
  • faktor penunjang yg bikin orang betah nongkrong lama di warkop?
  • gambar coffee di cafe
  • hal yg membuat betah pelanggan warkop
  • jajanan di warung kopi
  • layout kedai
  • layout warung
  • tips buka warung ngopi
author
PeluangUsahaTerbaruku.com memberikan beragam artikel bisnis dan kewirausahaan yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun dan mengembangkan usaha.
  1. Cara Memulai Bisnis Yang Menguntungkan | Peluang Usaha Terbaru2 years ago

    […] sudah sangat banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Mulai dari usaha toko kelontong, laundry, warung kopi, budidaya ternak, budidaya hortikultura, MLM hingga bisnis […]

    Reply
  2. Peluang Usaha Makanan Modal Kecil Untung Besar | Peluang Usaha Terbaru1 year ago

    […] Membuka kedai kopi bisa juga dengan modal minim, dengan memanfaatkan halaman rumah dan menyediakan kursi yang nyaman untuk minum dan nongkrong. Baca : Inilah kiat sukses usaha warung kopi […]

    Reply

Leave a reply "Kiat Sukses Memulai Usaha warung Kopi"