Ingin Buka Warteg? Inilah Kiat Suksesnya!

No comment 10997 views

Warteg atau Warung Tegal adalah warung makan yang menyediakan menu berbagai macam masakan. Disebut Warung Tegal karena memang dulu pengelolanya adalah orang Tegal yang merantau ke Jakarta, yaitu warga Desa Sidapurna, Sidakaton, dan Krandon. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Konsep warung tegal adalah warung makan murah yang menyediakan berbagai menu masakan. Biasanya menu di tampilkan di etalase atau rak kaca agar pelanggan tinggal menunjuk masakan mana yang ia pilih. Ada juga yang modelnya prasmanan, jadi pelanggan tinggal ambil sendiri makanan yang mereka inginkan.

warteg

warteg dengan penjaganya / tribunnews.com

Mulai dari para pekerja, buruh, mahasiswa, anak kost sampai para pegawai kantoran pun banyak yang menjadi pelanggan warung tegal ini. Meski harganya sangat terjangkau, cita rasanya tak bisa dikesampingkan. Cocok untuk lidah orang Indonesia.

Keuntungan usaha warteg

Tapi jangan salah, meskipun menjual makanan dengan harga murah dan kebanyakan sasaran pelanggannya masyarakat ekonomi menengah ke bawah, profit yang dihasilkan per bulan bisa mencapai Rp 5.000.000 bahkan lebih.

Misalnya saja, perhari pengusaha mendapatkan profit Rp 200.000, dalam sebulan jika ia buka warung terus, maka profitnya bisa sampai Rp 6.000.000. Dan dalam satu tahun bisa mendapatkan profit Rp 72.000.000, lebih dari Rp 50.000.000!

Tentu ini bukan angka yang sedikit. Hanya perlu modal pandai memasak dan warung. Warung pun tak perlu besar seperti restoran, yang penting nyaman dan bersih. Sehingga seringkali tak hanya masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang menjadi pelanggan, kalangan masyarakat menengah atas pun tak jarang makan di warteg.

Ada seorang pengusaha warteg asal Tegal bernama H Karjo. Beliau adalah pengusaha warteg asal Kelurahan Kalinyamat Kulon, Margadana, Kota Tegal. Di desanya, ia merupakan orang terpandang karena kesuksesannya. Tak main-main, rumahnya pun besar bagai istana. Mobil mewah pun berjajar di garasi rumahnya. Tentu nilai dari hartanya ini lebih dari satu miliar.

Kesuksesannya ini diraih berkat usahanya di bidang kuliner, yaitu warteg. Awalnya beliau datang ke Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi pedagang asongan. Kemudian, ia mendirikan warteg, dimulailah kesuksesan H Karjo ini. Kini, beliau memiliki tiga buah warteg yang ada di Kemurnian, Jakarta Barat, dan Glodok. Model warteg H Karjo adalah prasmanan.

Untuk yang berminat dengan bisnis warteg, silakan ikuti tips ini :

  1. Modal awal yang mencukupi.
  2. Lakukan analisis pesaing di bidang yang sama.
  3. Tetapkan sasaran pembeli.
  4. Tetapkan biaya-biaya, misalnya biaya tenaga kerja, peralatan, listrik, air bersih, transportasi, dan biaya lainnya.
  5. Pilih tempat yang strategis. Lebih tepat berada di pinggir jalan, agar mudah dijangkau oleh pelanggan.
  6. Mengetahui daftar belanja dan bahan baku.
  7. Siapkan menu makanan bervariasi dengan harga yang murah.
  8. Lakukan pengorganisasian usaha yang jelas.
  9. Mengurus izin usaha dari RT/RW serta keamanan setempat.
  10. Persiapkan mental dengan mantap, hilangkan keraguan dan ketakutan.

Pencarian peluang usaha terbaru lainnya :

  • usaha warteg
  • modal usaha warteg
  • bisnis warteg
  • menu warteg tinggal pilih
  • modal buka warteg
  • peluang usaha warteg
  • Tips Usaha Warteg
  • modal warteg
  • modal usaha warteg lengkap
  • analisa usaha warteg
author
Author: 
    Seorang biasa yang ingin menjadi luar biasa dari tulisan. Menyukai bisnis dan kewirausahaan. Terus belajar untuk menjadi pengusaha sukses dunia akhirat.

    Leave a reply "Ingin Buka Warteg? Inilah Kiat Suksesnya!"